Baznas Tanah Datar salurkan zakat ekonomi produktif dan beasiswa pendidikan

id Baznas Tanah Datar,berita Tanah datar,berita sumbar

Baznas Tanah Datar salurkan zakat ekonomi produktif dan beasiswa pendidikan

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyalurkan bantuan zakat bagi warga program ekonomi produktif dan bantuan pendidikan bagi mahasiswa baru di daerah setempat. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Bazanas) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyalurkan zakat bagi warga program ekonomi produktif dan bantuan pendidikan bagi mahasiswa baru di daerah setempat.

Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar, Emrizal Dt. Hyang Basa di Batusangkar, Rabu, mengatakan untuk program bantuan ekonomi produktif tersebut pihaknya menyalurkan sebesar Rp901.000.000.

Dana sebesar itu dibagikan kepada 262 keluarga dengan berbagai bidang usaha, mulai dari peternakan, pertanian, perikanan dan jenis usaha lainnya.

Sementara untuk bantuan pendidikan bagi mahasiswa baru Baznas Kabupaten Tanah Datar menyalurkan sebesar Rp177.100.000 yang diberikan kepada 102 orang mahasiswa.

"Bantuan tersebut diberikan kepada mahasiswa dengan besaran bantuan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dimana ia akan kuliah," katanya.

Ia mengatakan untuk program bantuan ekonomi produktif, Baznas Tanah Datar hanya menyalurkan untuk kategori masyarakat miskin, namun punya potensi dan bagi masyarakat yang berpotensi miskin.

"Masyarakat berpotensi miskin yakni masyarakat yang apabila tidak dibantu diperkirakan pada beberapa waktu ke depan akan jatuh miskin," katanya.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan penyaluran zakat melalui Baznas diharapkan bisa bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat.

Untuk biaya pendidikan bagi mahasiswa baru hendaknya mampu menjadi cambuk bagi anak-anak dalam menyelesaikan pendidikan dan mengabdikan dirinya untuk nusa dan bangsa.

"Sementara zakat untik ekonomi bisa produktif membantu masyarakat miskin yang punya potensi untuk punya usaha sendiri," katanya. (*)