Dinas PUPR Kota Padang lakukan perbaikan drainase atasi banjir

id Berita Padang, Dinas PUPR kota Padang

Dinas PUPR Kota Padang lakukan perbaikan drainase atasi banjir

Dinas PUPR Kota Padang lakukan perbaikan drainase atasi banjir

Padang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang, Sumatera Barat, memperbaiki drainase untuk mengatasi banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Padang Fadelan Fitra Masta di Padang, Kamis mengatakan operasional dan pemeliharaan drainase tersebut sudah dilakukan sejak pertengahan Januari 2019.

Ia mengatakan pemeliharaan drainase dilakukan di beberapa titik yakni di Kecamatan Padang Utara, Nanggalo, Padang Selatan, Padang Barat, dan Lubuk Begalung.

Selain itu, ia juga mengatakan pengerjaan pemeliharaan drainase sudah melewati target, yakni sudah mencapai 44 kilometer dari target sebelumnya hanya 43 kilometer.

"Target penyelesaiannya hingga akhir November 2019," ujar dia.

Ia juga mengatakan hingga saat ini tahap penyelesaiannya sudah mencapai 97 persen.

Staf Seksi Drainase Dinas PUPR Kota Padang Lutvi Enuari mengatakan selain mengeluarkan sedimentasi di dalam drainase juga banyak ditemukan sampah plastik, kayu, kasur, galon, helm bekas dan beberapa sampah lainnya.

Ia juga berharap masyarakat dapat menjaga drainase yang sudah dibersihkan karena perilaku masyarakat juga akan membantu pengurangan genangan air, dengan tidak membuang sampah ke saluran-saluran drainase yang ada.

"Target pengerjaan drainase tahun depan masih sama dengan tahun ini yakni sekitar 43 kilometer," ujar dia.

Ia juga mengatakan akan memprioritaskan saluran drainase primer yang tersebar di Kota Padang, selain itu titik yang dikerjakan sekarang kemungkinan juga akan dikerjakan kembali di tahun depan.

"Tergantung dari kondisi salurannya, namun jika ada usulan-usulan masyarakat di lokasi tertentu juga akan dikerjakan," katanya menerangkan.