LL Dikti Wilayah X dorong dosen PTS lakukan penelitian dan menulis jurnal

id berita Padang, LL Dikti wilayah X

LL Dikti Wilayah X dorong dosen PTS lakukan penelitian dan menulis jurnal

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri

Padang, (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X mendorong para dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) supaya melakukan penelitian dan menulis jurnal.

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri di Padang, Selasa mengatakan saat ini pemerintah tengah mendorong para dosen untuk melakukan penelitian berbasis teknologi.

Selain itu, ia mengharapkan penelitian tersebut bisa menghasilkan produk barang dan jasa berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Sebetulnya hal ini telah diatur dalam Permenristekdikti nomor 42 Tahun 2016 tentang kesiapterapan Teknologi serta Permenristekdikti nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah," kata dia menjelaskan.

Ia juga mengatakan LL Dikti wilayah X juga telah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap implementasi Permenristekdikti kepada PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.

Ia juga mengatakan pada saat pelaksanaan Monev tersebut dihadiri sebanyak 86 peserta dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) PTS.

Ia juga mengatakan kegiatan Monev bertujuan untuk melihat pelaksanaan serta tingkat pemahaman perguruan tinggi terhadap aturan tersebut.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan menambah pemahaman yang berkaitan dengan riset di perguruan tinggi serta tingkat kesiapan teknologi (TKT) yang dihasilkan.

Ia juga mengatakan pemerintah berharap penelitian dosen itu bisa mencapai TKT sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa dalam rangka mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap luar negeri.

"Selain itu, penulisan jurnal juga penting sebagai wadah dalam menampung hasil penelitian," ujar dia.

Ia berharap para dosen bisa memahami dan melaksanakan peraturan tersebut serta menyosialisakan kepada dosen lainnya di kampus masing-masing tentang pentingnya TKT riset yang penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar