KNPI-Diskominfo-KNPI jalin sinergitas bangun kepemudaan melalui media

id KNPI, kominfo sijunjung, cegah hoax, peran pemuda,sumatera barat, padang

KNPI-Diskominfo-KNPI jalin sinergitas bangun kepemudaan melalui media

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sijunjung bersilaturrajim dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sijunjung dalam menyatukan persepsi dan bersinergitas. (ist)

Muaro (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sijunjung menjalin sinergitas dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sijunjung.

“Kami siap bangun kepemudaan melalui media, demi kemajuan Kabupaten Sijunjung,” ungkap Ketua KNPI Sijunjung, Harbi Hanif Bhurda saat pertemuan dengan Kepala Diskominfo, Rizal Efendi diruang kerja Kadis Kominfo setempat, Kamis.

Dalam pertemuan itu, juga membahas pemanfaatan media bagi kepemudaan sebagai tempat menyebarkan ide-ide kreatif dalam membangun Kabupaten SIjunjung.

Harbi mengatakan, KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang membawahi sejumlah organisasi lain di Kabupaten Sijunjung, memiliki banyak potensi sumber daya manusia untuk mendukung kemajuan di Ranah Lansek Manih.

“Kita lihat situasi saat ini, tantangan dunia digitalisasi di masa Revolusi Industri 4.0 cukup berat kalau tidak disiapkan dengan baik. Media online dan media sosial cukup besar pengaruhnya di masa generasi merunduk ini,” ungkapnya.

Salah satu contoh, kata Harbi, penyebaran informasi tidak lagi dari mulut ke mulut, akan tetapi dari alat canggih seperti smartphone ke smartphone.

Bahkan transaksi bayar listrik, beli pulsa, iklan produk sudah sistem digital.

Namun demikian, butuh dukungan dan sinergitas dengan elemen-elemen terkait, khususnya Dinas Kominfo sehingga media tersebut dapat menjadi pusat sosialisasi dan kegiatan kepemudaan demi kemajuan Sijunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Rizal Efendi menyambut baik niat KNPI untuk bersinergi.

Menurutnya, maraknya persoalan hoaxs serta penyimpangan penggunaan media sosial saat ini merupakan kesempatan yang baik bagi KNPI untuk turut berperan secara positif.

“Kita perlu bergandengan untuk mengarahkan generasi muda dalam pemanfaatan media sosial. Selanjutnya, program-program KNPI bisa dikembangkan melalui media yang ada, seperti LPPL Radio Lansek Manih, Website Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan lain sebagainya yang dikelola Dinas Kominfo”, sebutnya.

Apalagi sebentar lagi di Sijunjung akan melaksanakan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), untuk itu diharapkan kepada KNPI untuk merangkul para pemuda mulai tingkat jorong, nagari, kecamatan dan kabupaten dengan cara menyosialisasikan penggunaan media secara cerdas dan baik.

Kemudian, generasi muda dapat menggunakan media sebagai tempat untuk menyebarkan ide-ide kreatif yang bersifat positif.

"Sehingga terciptalah masyarakat yang madani, maju dan sejahtera tanpa menyebarkan informasi-informasi hoaxs dan menyimpang di Ranah Lansek Manih," imbuhnya.

Pada saat itu, Ketua KNPI juga didampingi Sekretaris KNPI Sijunjung Purbadi dan jajaran pengurus lainnya.