Wabup: Bayar PBB Tinggi, Pajak Penghasilan Rendah

id Wabup: Bayar PBB Tinggi, Pajak Penghasilan Rendah

Pulau Punjung, (Antara) - Wakil Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat Syafrudin R, mengatakan kesadaran masyarakat daerah itu untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan mulai tinggi, namun membayar pajak penghasilan orang pribadi masih rendah.

"Kesadaran masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sudah tinggi dan patut diacungi jempol, namun dalam hal membayar pajak penghasilan orang pribadi masih jauh dari harapan, kata Syafrudin R di Pulau Punjung, Senin.

Menurut Wabup, pembangunan yang selama ini telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah bersumber dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

"Pajak yang dihimpun dari masyarakat tersebut akan dikirim ke pusat dan nantinya akan dikembalikan lagi kepada pemerintah daerah dalam bentuk dana APBD yang sebagiannya digunakan untuk membangun infrastruktur, seperti jalan, jembatan, sekolah, pasar, masjid, gedung perkantoran, dan lain sebagainya," terangnya.

Dia menambahkan, sarana dan prasarana yang telah dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat selama ini, merupakan hasil dari pajak, oleh karenanya semakin tinggi kesadaran untuk membayar pajak, maka pembangunan yang dilaksanakan juga akan semakin lancar.

Wabup meminta kepada camat, wali nagari dan kepala jorong untuk dapat menanamkan kesadaran dan pentingnya untuk membayar pajak brupa PBB maupun pajak penghasilan (PPH).

Kepada camat, wali Nagari dan kepala jorong yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, agar dapat menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak," ujarnya.

Sehingga nantinya diharapkan tidak ada lagi mayarakat Dharmasraya yang tidak membayar pajak, demi kelancaran dan percepatan di daerah tersebut, ujar dia.

Selain itu, pengusaha dan tokoh masyarakat harus menjadi panutan wajib pajak lainnya agar sadar dengan kewajibannya untuk membayar pajak sebagai bentuk partisipasi dan tanggung jawab dalam pembangunan, dengan menyampaikan SPT Tahunan sesegera mungkin.

Dijelaskannya, pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dibayar oleh setiap orang, karena dari situlah proses pembangunan dimulai, bahkan kelasungan berjalanya roda pemerintahan. (**/bib/jno)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar