BWSS Perindah Kota dengan Taman Hydroponic (Video)

id Taman Hydroponic,BWSS,taman kota padang,danau cimpago padang,berita padang,berita sumbar

BWSS Perindah Kota dengan Taman Hydroponic (Video)

Taman Hydroponic yang berlokasi di dekat Danau Cimpago (Antara/Amesbon)

Padang (ANTARA) - Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) bersama Blasta menghadirkan taman Hydroponic untuk mempercantik dan menambah objek wisata di Kota Padang.

Taman yang sudah dibuka sejak dua bulan lalu ini merupakan aset kota berupa taman yang terbuka untuk semua pengunjung baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak.

Seorang pengurus taman Iwan menyebutkan biasanya Taman Hydroponic yang berlokasi di dekat Danau Cimpago ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Pada umumnya tanaman yang dilestarikan disini berupa sayur-sayuran seperti Kangkung, Bayam, Sawi, Pare, Selada, Seledri, Tomat dan sebagainya. Selain itu juga terdapat bunga seperti Peperomia dan tanaman hias lainnya yang digantung untuk memperindah taman.

“Untuk perawatan taman ini cukup mudah karena hanya menanam di paralon yang sudah dilobangi dan ditata, namun perlu pengecekan drum air dan vitamin khusus untuk dialiri ke tanaman tersebut” ungkap Iwan.



Seorang pengunjung taman, Winda menyebutkan dengan adanya taman ini dapat menjadi salah satu tempat rekreasi sekaligus edukasi.

“Kan jarang ada tempat wisata hijau seperti ini di kota Padang, jadi dengan adanya taman ini saya dapat belajar juga gimana cara menanam tanaman dengan cara yang berbeda seperti dilakukan orang kebanyakan,” ujar Winda.

Taman ini merupakan salah satu wujud terobosan baru bagi masyarakat Kota Padang dalam memanfaatkan perkarangan rumahnya secara optimal untuk ketersediaan pangan keluarga khususnya sayur-sayuran.

Selain itu disekitar taman ini juga dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak dan pengunjung juga dapat melihat pemandangan danau Cimpago serta pelestarian burung merpati yang terdapat di sekitar taman.

Penulis merupakan mahasiswa magang di portal www.sumbar.antaranews.com

Baca juga: Lukisan mural memperindah dinding Taman Pramuka Pulau Belibis Solok

Baca juga: Tanah Datar segera miliki Taman Air Mancur di Lapangan Cindua Mato Batusangkar

Baca juga: Pemko Pariaman minta desa bangun taman bermain untuk anak