Hari Sumpah Pemuda, Wawako Payakumbuh ajak pemuda teladani pemikiran Tan Malaka

id Hari Sumpah Pemuda,Tan Malaka,Erwin Yunaz,Berita Payakumbuh,Sumbar terkini

Hari Sumpah Pemuda, Wawako Payakumbuh ajak pemuda teladani pemikiran Tan Malaka

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Erwin Yunaz mengajak pemuda agar meneladani pemikiran Tan Malaka untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Sumpah Pemuda.

"Tan Malaka menyebut idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki pemuda, untuk itu pemuda tetaplah bergerak dengan hatinya yang jernih demi menyongsong pembangunan untuk Indonesia ke depan," katanya di Payakumbuh dalam peringatan ke-91 Hari Sumpah Pemuda, Senin

Menurut Erwin Yunaz mengutip kata-kata motivasi dari pahlawan nasional asal Luak Limopuluah itu, apa yang disampaikan Tan Malaka puluhan tahun silam mesti kembali diaplikasikan saat ini.

"Para pemuda harus tetap idealis demi masa depan bangsa yang lebih baik," ujarnya.

Menurutnya pemuda harus memiliki visi dan arah pandangan dalam menghadapi masa depan di tengah pengaruh globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang juga menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi pemuda yang bisa memanfaatkannya dengan baik.

"Perkembangan TI takkan membuat pemuda mengalami pergeseran moral apabila hal itu disikapi dengan cerdas, begitu pula dengan identitas diri pemuda," katanya.

Ia mengatakan pemuda hari ini berbeda dengan pemuda zaman dulu di mana untuk meraih kemerdekaan bangsa diperlukan semangat perjuangan tanpa adanya perbedaan dengan isu primordial, ras, agama, dan suku bangsa.

"Pemuda zaman sekarang harus bisa melihat masa depan, arti dari perjuangan para pendahulu kita harus benar-benar menjadi pelecut bagi kita yang sudah menikmati indahnya kemerdekaan," katanya.

Ia berharap momen Sumpah Pemuda harus dioptimalkan pemuda Payakumbuh untuk terus menunjukkan kreativitas dan inovasinya demi kemajuan daerah dan Indonesia.

"Jangan peringatan sumpah pemuda ini hanya sebatas seremonial namun harus diamalkan isi dan makna sumpah pemuda itu," ujarnya.(*)