Dinkes Agam fogging kawasan perumahan korban DBD meninggal dunia

id fogging perumahan,agam,berita sumbar,berita agam,sumbar terkini

Dinkes Agam fogging kawasan perumahan korban DBD meninggal dunia

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, sedang melakukan pengasapan di rumah warga antisipasi DBD, Jumat (11/10). Yusrizal (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melakukan fogging atau pengasapan di rumah salah seorang warga setempat Ikhsan (5) yang diduga meninggal dunia akibat demam berdarah dengue (DBD) di Lapau Panjang, Surau Kariang, Kecamatan Lubukbasung, Jumat.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra didampingi Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Agam Betlinizar di Lubuknasung, Jumat, mengatakan pengasapan itu dilakukan di 48 unit rumah yang berada di sekitar rumah korban DBD.

"Pengasapan melibatkan tim dari Dinkes Agam dan Puskesmas Lubukbasung," katanya.

Pengasapan itu untuk membasmi nyamuk aedes aegypti dewasa, agar tidak berkembang biak yang bisa mengakibatkan penularan DBD ke warga lain.

Sebelumnya, pemilik rumah telah melakukan gotong royong untuk pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras bak penampungan, menimbun kaleng bekas, menutup bak penampungan dan lainnya.

"Warga telah melakukan gotong royong sebelum kita melakukan pengasapan di daerah itu," katanya.

Ia menambahkan, pemberantasan sarang nyamuk dan pengasapan yang dilakukan itu setelah tim melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap lingkung dalam memastikan adanya jentik nyamuk aedes aegypti.

Penyelidikan itu dilakukan di 16 unit rumah pada Rabu (9/10). Dari hasil penyelidikan itu, tambahnya, hanya tiga rumah yang tidak memiliki jentik nyamuk aedes aegypti di bak penampungan air.

Ikhsan neninggal dunia di RSUD Pariaman, Senin (7/10). Ikhsan dikebumikan di pandam pekuburan keluarga di Kampuang Sawah, Lubukbasung, Senin (7/10) siang.

Sebelumnya korban juga mendapatkan perawatan intensif di RSUD Lubukbasung semenjak Jumat (4/10).

"Dari rekam medis dokter spesialis anak RSUD Lubukbasung, kondisi korban sudah membaik," katanya.

Jumlah kasus DBD di daerah itu selama Januari sampai 10 Oktober 2019 sebanyak 97 kasus. Sementara kasus DBD pada 2018 sebanyak 137 kasus. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar