Mobil layanan keliling BPJS Kesehatan datang, warga pun senang

id berita padang, berita terkini, berita sumbar,bpjs kesehatan,peraturan bpjs kesehatan terbaru,berita BPJS kesehatan bangkrut,masalah bpjs kesehatan,lay

Mobil layanan keliling BPJS Kesehatan datang, warga pun senang

Layanan mobil keliling BPJS Kesehatan (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - Mobile Customer Service (MCS) menjadi agenda rutin bulanan bagi BPJS Kesehatan Cabang Padang atau yang sering disebut masyarakat sebagai mobil layanan keliling tersebut memang diperuntukkan khusus untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

"Terlebih bagi masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota, kedatangannya dinantikan," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang, Debi Mersah Putra di Padang, Jumat melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar.

Ia menyampaikan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang yang meliputi lima kabupaten dan kota, mengharuskan operasi MCS tidak hanya berada di Kota Padang.

Seperti kemarin contohnya, mobil layanan keliling tersebut baru kembali ke Padang pada Rabu malam (18/9). Selama tiga hari sejak Senin lalu, BPJS Kesehatan telah membuka layanan di Kecamatan Lunang, Silaut dan Tapan. Ketiganya merupakan daerah terujung di Kabupaten Pesisir Selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu.

“Untuk Kota Padang sendiri sudah ada jadwal pastinya. Hari Selasa, Rabu dan Kamis berturut-turut mobil keliling BPJS Kesehatan akan menyambangi masyarakat di Pasar Belimbing, Pasar Bandar Buat dan di depan SDN 16 Tanjung Aur di Balai Gadang.

Sementara untuk luar Padang, minggu lalu kami ke Padang Pariaman dan minggu ini kami ke Pesisir Selatan, semalam baru pulang. Tempat nongkrongnya mobil layanan keliling kami dipilih melalui hasil observasi di lapangan berdasarkan rekomendasi kelurahan atau kecamatan,” ujar Debi.

Sementara seorang pegawai kecamatan Lunang Roma mengatakan bahwa masyarakat di wilayahnya sangat terbantu sekali dengan keberadaan mobil layanan keliling BPJS Kesehatan. Alasan jauhnya jarak dan susahnya akses ke kantor BPJS Kesehatan di Painan yang merupakan Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan pun bisa diatasi, setidaknya masyarakat tidak perlu menempuh sehari perjalanan dan bisa hemat uang transportasi Rp300 ribu.

“Masyarakat sangat terbantu sekali. Baik untuk daftar, bayar dan cetak kartu. Masyarakat jadi hemat waktu dan hemat biaya. Kami juga tahu kalau ada Kader JKN yang merupakan mitra bagi BPJS Kesehatan, ke depan kami bisa juga koordinasi untuk daftar dan bayar dengan Kader JKN yang alamatnya tidak sejauh ke Painan. Masyarakat di sini sangat senang,” ungkapnya.

Kader JKN yang turut serta dalam MCS selama 3 hari berturut-turut kemarin ialah Ely Marnis, perempuan asal Kecamatan Sutera ini tak segan-segan menagih tunggakan atau sekedar memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat yang berkumpul di sekitar lokasi MCS. Bahkan Ely selalu mengarahkan peserta untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN demi mendapat beragam kemudahan layanan.

“Saya memang pengen ikut MCS agar masyarakat itu tahu bahwa BPJS Kesehatan itu punya kader, kader ini resmi bukan calo. Selain mengingatkan untuk membayar iuran, kader juga berfungsi sebagai informan tentang Program JKN-KIS ke masyarakat. Kemarin ini total yang membayar iuran mencapai Rp8 juta saat saya ikut MCS ke Lunang dan sekitarnya,” kata Ely.

Sementara di Kota Padang, MCS di kecamatan-kecamatan cukup diharapkan masyarakat sekitar. Doni Darmis, salah seorang warga Lubuk Minturun mengakui hal tersebut. Hari ini ia membayar iuran wajib bagi dirinya sendiri dan anggota keluarganya.

“Dari kemarin saya mau bayar tapi lupa, pas hari ini saya lewat pasar ada BPJS keliling. Langsung ambil duit lalu bayar. Sangat membantu, apalagi kan rutin ya kata petugasnya tadi, saya saja yang lupa harinya,” ujar Doni.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar