Terbaik, LPM Nagari Jambak dinilai tim provinsi

id Pemberdayaan desa, pasaman, sumatera barat, info padang, sumbar, berita sumbar

Kepala DPM Pasaman, Hasiholan Hutagalung (Kanan) saat ditemui di kantornya. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) Jambak, Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, Jumat besok, akan dinilai oleh tim penilai LPMN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pasalnya, LPMN Jambak di bawah kepemimpinan Hendra Dotor ini menjadi LPMN terbaik di tahun 2019. Tampil menjadi yang terbaik di kabupaten, LPM Nagari Jambak ini menjadi utusan Kabupaten Pasaman ditingkat provinsi, kataKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung, Kamis.

Ia menuturkan, bahwa LPM Nagari Jambak masuk enam besar dalam penilaian LPM terbaik tingkat Sumbar.

"Besok (Jumat, red) akan dilakukan penilaian oleh tim penilaian dari provinsi. Bertempat di Kantor Nagari Jambak. LPMN ini masuk kategori enam besar," ujar Holan.

Keaktifan LPMN dalam membantu kesuksesan program pembangunan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan pembangunan menjadi salah satu poin penilaian lembaga ini terpilih menjadi salah satu LPMN terbaik.

"Sesuai fungsinya, LPMN hadir untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan pembangunan di daerah, khususnya di pedesaan," katanya.

Dikatakan, bahwa peran LPMN sangat strategis. Untuk itu, sebagai mitrapemerintah daerah, keberadaan LPMN harus berperan aktif dalam membangun Kabupaten Pasaman ke arah yang lebih baik.

"Jadi, LPMN sebagai mitra pemerintah juga diharapkan terus memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat," katanya.

Hal itu, kata Holan, sesuai dengan tujuan umum dibentuknya lembaga tersebut, guna meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat untuk menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

"LPM Nagari adalah wadah peran aktif masyarakat dalam pengelolaan pembangunan, karena itu harus kita perkuat eksistensinya," katanya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar