Gerobak "Bagonjong" jadi ikon baru objek wisata Pantai Kata Pariaman

id gerobak bagonjong,pariaman,sumbar

Gerobak "Bagonjong" jadi ikon baru objek wisata Pantai Kata Pariaman

Seorang warga melihat gerobak bagonjong yang disusun di halaman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Sumbar dan nantinya akan menjadi ikon baru di Pantai Kata Pariaman. (Antara/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Sebanyak 25 unit gerobak 'bagonjong' (atap bertanduk menyerupai atap rumah adat Minangkabau) bantuan dari pemerintah pusat kepada pedagang akan menjadi ikon baru objek wisata Pantai Kata, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Sebelum puncak pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Piaman pada 15 September 2019 gerobak tersebut akan kami serahkan kepada pedagang," kata Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Alfian di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan dengan adanya gerobak tersebut akan menambah keunikan Pantai Kata yang saat ini di objek wisata itu terdapat batu grip berwana-warni serta fasilitas lainnya.

Dengan adanya gerobak tersebut, lanjutnya maka wisatawan dapat berswafoto di depan deretan gerobak bagonjong di Pantai Kata, dan mengunggahnya ke media sosial.

Baca juga: Pemkot Pariaman Matangkan Persiapan Pesona Hoyak Tabuik

"Kalau daerah lain dikenal dengan saribu rumah gadang, maka di Pariaman juga ada namun lokasinya di pantai," katanya.

Ia menyebutkan ada sejumlah kriteria pedagang yang akan mendapatkan gerobak tersebut yaitu mulai dari berdagang setiap hari, patuh membayar retribusi, serta dapat menjaga kebersihan, keamanan, dan keindahan.

Penilaian lainnya, lanjutnya yaitu pedagang tersebut selalu ramah kepada wisatawan sehingga dapat memberikan kesan positif terhadap masyarakat luas.

"Nama-nama pedagang yang akan mendapatkan bantuan ini sudah ada tinggal penyerahannya saja," ujarnya.

Pantai Kata merupakan salah satu dari sejumlah objek wisata di Pariaman yang ramai dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan, dan saat libur lebaran.

Bahkan berdasarkan catatan Disparbud Kota Pariaman jumlah kunjungan ke Pantai Kata pada libur lebaran 2019 mencapai ribuan wisatawan setiap harinya.

Pada libur lebaran tersebut, Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan warga setempat menghadirkan musik tradisional katumbuk yang mana tujuannya tidak saja untuk menghibur wisatawan namun juga memperkenalkannya kepada masyarakat luas. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar