Unand selenggarakan program jalur cepat percepat masa studi

id program jalur cepat unand, fast track unand,wisuda unand,tips cepat bekerja

Prosesi wisuda 3 tahun 2019 Universitas Andalas Padang (Antara/ Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang menyelenggarakan program fast trackatau jalur cepat yang memungkinkan mahasiswa S1 dapat diterima langsung mengikuti program S2 setelah dinyatakan lulus.

"Program ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan untuk mempercepat masa studi. Dengan fast track pendidikan S2 yang normalnya dua tahun bisa diselesaikan hanya dalam setahun," kata Rektor Unand Tafdil Husni di Padang, Sabtu usai wisuda 3 program diploma dan sarjana Tahun 2019.

Menurut dia pada program ini ada mata kuliah yang ada di S1 diakui sebagai tabungan SKS sehingga masa studi menjadi lebih singkat.

Program ini sudah dimulai setahun terakhir dan saat ini sudah ada yang tamat S2 hanya setahun, ujarnya

Selain itu untuk mempercepat masa studi S1 pihaknya juga menyelenggarakan semester pendek dan remedial.

Baca juga: 50 persen lulusan Unand terserap dunia kerja dalam enam bulan, Rektor: terbanyak bidang kesehatan

Ia menyampaikan saat ini rata-rata lama studi mahasiswa S1 di Unand masih lebih di atas empat tahun.

Sementara Ketua Senat Akademik Unand Prof Wery Darta berpesan lapangan kerja di Sumatera Barat terbatas sehingga alumni Unand harus memberanikan diri mencari pekerjaan di Sumatera atau di luar Sumatera.

Banyak alumni Unand yang bekerja di luar negeri, seperti Timur Tengah, dan ini harus jadi motivasi bagi para lulusan baru, ujarnya.

Selain itu ia memberi tips agar lulusan cepat mendapat pekerjaan, yakni dengan rajin mencari informasi apalagi saat ini lapangan kerja banyak tersedia di website.

Ia mengakui sejumlah fakultas lulusannya cepat mendapat pekerjaan, seperti Kedokteran, Ekonomi dan Teknik hingga Pertanian.

Bagi yang lain kalau ingin cepat bekerja harus mengambil tantangan keluar dari Sumatera Barat karena peluang lebih besar, kata dia.

Pada wisuda 3 Tahun 2019 Unand meluluskan 1.350 sarjana baru terdiri atas S1 dan Diploma III dari 15 fakultas.
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar