Aderia peroleh suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Agam, raih 3.769 suara

id KPU Agam,sumbar,DPRD Agam

Aderia peroleh suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Agam, raih 3.769 suara

Ketua KPU Agam, Riko Antoni menyerahkan hasil putusan pleno ke Sekda Agam, Martias Wanto di Hotel Sakura Syariah, Selasa (13/8). (Antara Sumbar/ Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Politisi Partai Demokrat Kabupaten Agam, Sumatera BaratAderia memperoleh suara terbanyak dari 44 anggota DPRD terpilih di daerah itu saat Pemilu 2019.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni di Lubukbasung, Selasa, mengatakan Aderia yang maju pada daerah pemilihan lima meliputi Kecamatan Banuhampu, Sungaipua, Ampekkoto dan Malalak ini memperoleh 3.769 suara.

"Aderia yang juga anggota DPRD setempat periode2014-2019berhasil menyisihkan 44 anggota DPRD terpilih lainnya," katanya saat rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD setempat Pemilu 2019 di Hotel Sakura Syariah.

Diurutan kedua, tambahnya, diperoleh Novi Irwan dari Partai Gerindra di daerah pemilihan tiga meliputi Kecamatan Palupuh, Tilatangkamang dan Kamangmagek dengan 3.367 suara.

Selanjutnya suara terbanyak ketiga diraih Feri Adrianto dari Demokrat di daerah pemilihan lima dengan 2.899 suara. Suara terbanyak keempat diraih Marga Indra Putra di daerah pemilihan satu meliputi Kecamatan Lubukbasung dan Tanjungmutiara dengan 2.690 suara.

Sementara suara terbanyak kelima diraih Guswardi dari PKS di daerah pemilihan lima meliputi Kecamatan Banuhampu, Sungaipua, Ampekkoto dan Malalak dengan 2.611 suara, Suara terbanyak keenam diraih Syaflin dari PAN di daerah pemilihan empat meliputi Kecamatan Baso, Ampekangkek dan Canduang dengan 2.502 suara.

Selain itu suara terbanyak ketujuh diraih Irfan Amran dari PAN di daerah pemilihan enam meliputi Kecamatan Matur dan Tanjungraya dengan 2.429 suara. Suara terbanyak kedelapan diraih Erdinal dari Gerindra di daerah pemilihan lima meliputi Kecamatan Banuhampu, Ampekkoto, Sungaipua dan Malalak dengan 2.377 suara.

"Anggota DPRD terpilih yang memperoleh suara paling sedikit atas nama Mardisal Athan dari PPP di daerah pemilihan enam meliputi Kecamatan Matur dan Tanjungraya dengan 327 suara," tegasnya.

Ia menambahkan Gerindra merupakan partai memperoleh suara terbanyak dengan sembilan dari 45 kursi.

Disusul Partai Demokrat tujuh kursi, PKS tujuh kursi, PAN enam kursi, Golkar lima kursi, PPP lima kursi, Nasdem dua kursi, PBB dua kursi, Berkarya satu kursi dan Hanura satu kursi.

"PKB, PDIP, Garuda, Perindo, PSI dan PKPI tidak memperoleh kursi di DPRD setempat," katanya.

Setelah rapat pleno selesai, hasil penetapan perolehan kursi dan calon terpilih akan diserahkan ke Bupati Agam dan bupati setempat meneruskan hasil pleno ke Gubernur Sumbar untuk menerbitkan surat keputusan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto menambahkan, pihaknya akan meneruskan hasil pleno KPU Agam ke Gubernur Sumbar, Rabu (15/8).

Untuk pelantikan 45 anggota DPRD terpilih akan dilakukan secepat mungkin, apabila surat keputusan diterima.

"Kita telah menyiapkan lokasi pelantikan, undangan dan lainnya," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar