BPJS Kesehatan periksa penerima kartu JKN-KIS Dharmasraya, ini tujuannya

id BPJS Kesehatan,dharmasraya,sumbar

BPJS Kesehatan periksa penerima kartu JKN-KIS Dharmasraya, ini tujuannya

Supervisr Bidang Kepesertaan BPJSKesehatan Kantor Cabang Solok Neldawati (dua kanan), Kepala BPJS Kantor Layanan Operasional Kabupaten Dharmasraya, Riko Hariono (kiri), usai melakukan "Check Spot" di salah satu rumah masyarakat, di Jorong Kubang Panjang, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Kamis (8/8). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (ANTARA) - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Solok, Sumatera Barat, melakukan "spot check" atau pemeriksaan terhadap penerima kartu JKN-KIS kategori penerima bantuan iuran (PBI) di Kabupaten Dharmasraya guna memastikan kartu tersebut sampai kepada penerimanya.

"Jumlah penerima kartu JKN-KIS yang menjadi sasaran pemeriksaan di Dharmasraya mencapai 200 jiwa," kata Supervisor Bidang Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Solok, Neldawati di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memastikan kalau kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikirimkan melalui pihak ketiga diterima peserta dan datanya sesuai.

Pada pemeriksaan dilakukan kunjungan secara acak ke tempat keluarga yang tinggal di daerah tersebut. Dari hasil kunjungan didapat informasi keluarga yang telah menerima kartu JKN-KIS sesuai nama dan alamat yang tercetak pada kartu, kata dia.

Ia menyebutkan pada kesempatan itu juga dilihat keakuratan data peserta seperti nama lengkap, tanggal lahir dan alamat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta, dan memastikan bahwa KIS memang dipegang pemilik yang sebenarnya.

Menurut dia kegiatan itu dilaksanakan tidak hanya untuk mengecek kebenaran data, melainkan juga sebagai sarana untuk menyampaikan secara singkat alur pelayanan dan manfaat yang diperoleh peserta JKN-KIS.

Berdasarkan SK Kemensos Nomor 01 HUK /2019 penerima kartu JKN-KIS wilayah BPJS Kantor Cabang Solok yang sudah didistribusikan mencapai 16.966 jiwa, kata dia.

Ia merinci pendistribusian kartu

BPJS tersebut, diantaranya Kota Solok 245 jiwa, Kota Sawahlunto 182 jiwa, Kabupaten Solok Selatan 2.525 jiwa, Kabupaten Solok 7.393 jiwa, Kabupaten Sijunjung 4.584 jiwa, dan Kabupaten Dharmasraya 2.029 jiwa.

"Sementara ditargetkan jumlah pemeriksaan hanya 10 persen dari kartu yang didistribusikan, kalau untuk Dharmasraya targetnya sekitaran 200 jiwa," katanya.

Ia menambahkan pengecekan yang sama sudah dilakukan di lima kabupaten/kota yang masuk ke dalam wilayah BPJS Kantor Cabang Solok, Kabupaten Dharmasraya adalah yang terakhir hari ini. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar