Ada Tempat Tidur Gantung Gratis dan ATV di Tabek Patah

id Tabek patah

Ada Tempat Tidur Gantung Gratis dan ATV di Tabek Patah

Hammock gratis di panorama Tabek Patah. (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Panorama Tabek Patah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyediakan hammock atau tempat tidur gantung geatis dan ATV atau motor empat roda bagi anak-anak untuk menarik pengunjung datang ke tempat itu.

"Hammock itu kami siapkan secara gratis untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan di panorama tabek patah, sementara permainan ATV hanya Rp2000 sekali putaran," kata Depi, pengelola Panorama Tabek Patah di tempat itu, Minggu.

Ia mengatakan, Panorama Tabek Patah yang dikelilingi tumbuhan pinus menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah itu. Hal itu juga menjadi alasan dia menyediakan hammock gratis tersebut.

Ia jua berkeinginan akan membentuk sebuah taman baca di lokasi tersebut dengan menyediakan rak-rak yang diisi beberapa buku bacaan di lokasi tersebut.

"Kita tidak saja membuat pengunjung nyaman, tapi juga membentuk pariwisata edukasi. Siapa saja yang berkunjung bisa bersantai sambil membaca buku di atas hammock," ujarnya.

Sementara untuk permainan ATV lanjut dia akan dipandu oleh orang yang berkompeten dibidangnya. Untuk satu kali putaran anak-anak hanya membayar Rp2000 saja.

Selain menikmati hammock dan permaian ATV tersebut pengunjung juga bisa menikmati atraksi sepeda gantung dengan ketinggian sekitar tujuh sampai 10 meter, dan menikmati beberapa spot foto yang sudah disediakan.

Salah seorang pengunjung Yona (23), mengaku merasa nyaman dengan adanya hammock di panorama Tabek Patah. Ia juga mengapresiasi jika pihak Panorama Tabek Patah juga menyediakan buku bacaan ditempat tersebut.

"Seharusnya memang begitu, ada wisata edukasinya. Wisatawan berkunjung tidak saja untuk berfoto tapi ada manfaat lainnya," katanya.

Sebelumnya, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku wisata, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) telah melakukan platihan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Seperti pelatihan bagi pengusaha kuliner, pemandu wisata dan pengelola "home stay" diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan datang ke Tanah Datar

"Kita punya potensi besar menjadi destinasi wisata unggulan, alamnya indah, menjadi pusat adat dan budaya Minangkabau, punya banyak peninggalan sejarah, kulinernya pun terkenal, tinggal bagaimana mengemas menjadi sebuah industri yang memberi dampak terhadap ekonomi daerah dan masyarakat," kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.(*)