Duo Liverpool masuk jajaran puncak top skor Piala Afrika 2019

id mohamed salah,sadio mane,top skor piala afrika,piala afrika,timnas mesir,timnas senegal,liverpool,liga inggris

Ilustrasi bintang tim nasional Mesir Mohamed Salah (kiri) dan bintang Senegal Sadio Mane (kanan), yang sama-sama bermain di klub juara Liga Champions Liverpool dan mungkin berhadapan dalam putaran final Piala Afrika 2019. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Piala Afrika 2019 di Mesir telah rampung menggelar fase penyisihan grup pada Rabu dini hari WIB, dan 68 gol tercipta sejak turnamen dibuka pada Sabtu (22/6) WIB.

Sejauh ini belum ada pemain yang bisa mencetak lebih dari dua gol, membuat dua penyerang Liverpool Mohamed Salah dan Sadio Mane masuk jajaran puncak pencetak gol di Piala Afrika 2019.

Bintang tuan rumah, Salah lebih dulu mencapai jumlah tersebut setelah mencetak gol ke gawang Republik Demokratik Kongo pada laga kedua dan ke gawang Uganda pada pertandingan ketiga.

Sedangkan bintang Senegal, Mane, yang baru main di dua laga terakhir karena menjalani hukuman akumulasi kartu di pertandingan pertama harus menanti hingga laga ketiga timnya untuk mencetak dua gol.

Mane sebetulnya berpeluang mengemas trigol di laga melawan Kenya, namun eksekusi penalti pertamanya dimentahkan kiper lawan.

Di antara seluruh pemain yang berhasil mencapai raihan dua gol adalah sayap Benin Mickael Pote yang memborong gol-gol timnya saat menahan imbang Ghana 2-2 di pertandingan pertama.

Sedangkan Adam Ounas, yang melewatkan dua laga awal menghangatkan bangku cadangan Aljazair berhasil mengemas dwigol langsung saat diberi kepercayaan pelatih Djamel Belmadi ketika mengalahkan Tanzania.

Piala Afrika 2019 juga diwarnai satu gol bunuh diri yang dicetak oleh gelandang Namibia Itamunua Keimuine saat membuat timnya menelan kekalahan tipis 0-1 dari Maroko di pertandingan pertama.

Aljazair dan Mali jadi dua tim yang paling produktif selama penyisihan grup, masing-masing mencetak enam gol, meskipun cuma Aljazair yang membukukan sembilan poin penuh.

Sedangkan dua tim, yakni Burundi dan Guinea-Bissau gagal mencetak satu gol pun sepanjang fase penyisihan grup dan dipastikan tak akan mencetak gol sebab mereka pulang lebih awal.

Berikut daftar pencetak gol sementara Piala Afrika 2019 seturut laman resmi turnamen (hanya tim-tim yang lolos 16 besar):

2 - Mickael Pote (Benin); Emmanuel Okwi (Uganda); Michael Olunga (Kenya); Mohamed Yattara (Guinea); Carolus Andriamatsinoro (Madagaskar); Mohamed Salah, Ahmed El Mohamedy (Mesir); Cedric Bakambu (Republik Demokratik Kongo); Adam Ounas (Aljazair); Sadio Mane (Senegal); Jordan Ayew (Ghana)

1 - Youcef Belaili, Baghdad Bounedjah, Riyad Mahrez, Islam Slimani (Aljazair), Stephane Bahoken, Banana Yaya (Kamerun), Britt Assombalona, Jonathan Bolingi (Republik Demokratik Kongo); Trezeguet (Mesir); Andre Ayew, Thomas Partey (Ghana), Sory Kaba, Francois Kamano (Guinea); Maxwel Cornet, Serey Die, Max Gradel, Jonathan Kodjia, Wilfried Zaha (Pantai Gading); Johanna Omolo (Kenya); Anicet Andrianantenaina, Marco Ilaimaharitra, Lalaina Nomenjanahary (Madagaskar); Abdoulay Diaby, Amadou Haidara, Moussa Marega, Diadie Samassekou, Adama Traore, Adama Traore II (Mali), Mbark Boussoufa, Youssef En-Neysi (Maroko); Odion Ighalo, Kenneth Omeruo (Nigeria), Keita Balde Diao, Krepin Diatta, Ismaila Sarr (Senegal); Bongani Zungu (Afrika Selatan); Wahbi Khazri, Youssef Msakni (Tunisia); Patrick Kaddu (Uganda)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar