Bukittinggi inflasi 0,78 persen Mei 2019

id Inflasi bukittinggi,Bps bukittinggi

Bukittinggi inflasi 0,78 persen Mei 2019

Ilustrasi - (Destyan Handri Sujarwoko)

Bukittinggi (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mencatat daerah itu inflasi sebesar 0,78 persen pada Mei 2019 disebabkan peningkatan indeks di seluruh kelompok pengeluaran.

Kepala BPS Bukittinggi Mukhlis di Bukittinggi, Senin, mengatakan secara umum semua kelompok pengeluaran mengalami kenaikan harga karena bertepatan dengan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kelompok pengeluaran tersebut yaitu kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar.

Kelompok sandang, kelompok kesehatan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga serta kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan.

Dari semua kelompok tersebut, komoditas yang mengalami peningkatan harga selama Mei 2019 yaitu cabai merah, kentang, daging ayam ras, bawang putih, jeruk, belut, gula pasir, angkutan antarkota, komputer jinjing, petai, tarif pulsa ponsel, tarif kendaraan travel dan lainnya.

Sementara beberapa komoditas mengalami penurunan harga yaitu ikan tongkol, bawang merah, beras, minyak goreng dan ikan tuna.

Dari 82 kota indeksi harga konsumen (IHK), Bukittinggi berada di urutan ke-15 di Pulau Sumatera dan urutan ke-34 di Indonesia yang mengalami inflasi.

Tingkat perubahan IHK menggambarkan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian, makin tinggi inflasi maka makin rendah nilai uang dan daya belinya.