MTQ Sumbar di Solok akan hadirkan Nasyid Raihan dan Opick

id MTQ Sumbar,Opick,Raihan

MTQ Sumbar di Solok akan hadirkan Nasyid Raihan dan Opick

Wali Kota Solok Zul Elfian (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok akan menghadirkan grup nasyid asal Malaysia, Raihan, penyanyi religi Opick, pertunjukan laser (laser show) dan pemetaan video (video mapping) di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Sumbar pada 14 hingga 22 Juni 2019 mendatang.

"Penyelenggaraan MTQ Sumbar di Kota Solok merupakan MTQ yang unik dan istimewa. Hal ini disebabkan pada 2020 mendatang bertepatan dengan ditunjuknya Sumatera Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ nasional," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian, di Solok, Jumat

Ia menyebutkan MTQ tingkat Sumbar di Solok dapat dikatakan merupakan pra-MTQ nasional atau miniatur MTQ Nasional 2020 di Sumbar.

"Karena seluruh teknis pelaksanaan dan sarana prasarana pendukung yang diaplikasikan pada MTQ Nasional, akan diterapkan pada MTQ ke-38 tingkat Sumbar di Kota Solok,” ujarnya.

Dalam rangka pelaksanaan MTQ Nasional ke-38 tingkat Sumatera Barat di Solok, Wali Kota meminta seluruh komponen dari kabupaten dan kota untuk bersinergi menyukseskan event ini dalam rangka memberikan indikasi positif terhadap pelaksanaan MTQ Nasional nantinya.

"Kesuksesan MTQ Tingkat Sumbar di Kota Solok merupakan refleksi kesuksesan Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2020," sebutnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan rakyat (Kabag Kesra), Heppy Darmawan menyebutkan rangkaian penyelenggaraan MTQ dimulai sejak menerima kedatangan kafilah kabupaten dan kota pada 14 Juni 2019 sampai dengan acara penutupan pada 21 Juni 2019.

"Pembukaan atau pagelaran pembukaan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Solok sebagai mimbar utamanya," ujarnya.

Hal itu disebabkan kondisi lokasi dan persiapan panitia menjadikan konsep minimalis sebagai pilihan, baik dari sisi bangunan mimbar utama maupun luas lapangan merdeka.

Ia menyebutkan lokasi lomba tersebar menjadi 17 venue atau lokasi yang memanfaatkan gedung dan sarana yang ada di Kota Solok, seperti masjid-masjid, gedung pertemuan dan sekolah.

Beberapa cabang yang dilombakan sama seperti seluruh cabang di MTQ Nasional, termasuk cabang eksebisi.

Selain itu ada cabang lokal atau tambahan sebagai penyemarak yaitu Bintang Qasidah, kemudian cabang lokal yang unik atau istimewa seperti tartil eksekutif antar pejabat Eselon II.

Sebagai tuan rumah Kota Solok menargetkan masuk dalam tiga besar pada MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat 2019.

Pada MTQ ke-37 tingkat Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman 2017 lalu, prestasi Kota Solok menurun ke urutan delapan setelah sebelumnya berhasil masuk lima besar dalam MTQ ke-36 yang digelar di Kota Sawahlunto pada 2015.

Sejumlah cabang menjadi andalan Kota Solok untuk menjadi yang terbaik, diantaranya cabang Tafsir bahasa Indonesia, Tilawah remaja putri Tilawah anak-anak putra putri, Fahmil Qur’an, MSQ, Khutbah Jumat dan Tahfiz seluruh golongan.