Nasdem menyelisik kebenaran video pencoblosan surat suara di Malaysia

id Ketua dpp nasdem willy aditya, surat suara malaysia,pencoblosan surat suara

Nasdem menyelisik kebenaran video pencoblosan surat suara di Malaysia

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya. (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Nasdem menyatakan tengah mencari tahu kebenaran video pencoblosan surat suara di Malaysia atas sejumlah calegnya, yang viral di media sosial.

"Kami juga baru mendengar informasinya, dan kami sedang mencari informasi lebih dalam apa yang sedang terjadi," kata Ketua DPP Nasdem Willy Aditya dihubungi di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya beredar video sejumlah orang yang ditengarai di Malaysia, sedang melakukan pencoblosan pada surat suara pemilu 2019.

Dalam video itu terlihat beberapa surat suara telah dicoblos untuk sejumlah caleg asal Partai Nasdem dan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf.

Di video tampak belasan atau puluhan karung serta plastik hitam berukuran besar yang di dalamnya ditengarai berisi surat suara pemilu.

Di sana tampak sejumlah orang sedang melakukan pencoblosan terhadap surat suara, padahal pemungutan suara pemilu di Malaysia baru dilaksanakan 14 April 2019.

Willy mengatakan Nasdem menjunjung tinggi prinsip-prinsip jujur dan adil dalam pemilu. Nasdem telah mengutus Ketua Nasdem di Malaysia yakni Teuku Adnan untuk meninjau lokasi video itu diambil.

Nasdem menyerahkan pengusutan video itu kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu. (*)

Baca juga: Sekitar 95 kantong surat suara tercoblos ditemukan di Selangor