Puluhan pencaker di Dharmasraya dilatih di Bandung

id Pelatihan pencari kerja,Dharmasraya

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dharmasraya, Yefrinaldi. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Sebanyak 20 pencari kerja Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengikuti progam pelatihan kerja di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Bandung, Jawa Barat, sebagai upaya meningkatkan kualitas serta mengembangkan karier tenaga kerja.

"Dari 20 pencari kerja, 16 mengikuti pelatihan manufaktur, dan empat mengikuti otomotif," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dharmasraya, Yefrinaldi di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan 20 pencari kerja tersebut mengikuti pelatihan selama kurang lebih satu bulan. Keseluruhan pencari kerja yang diberangkatkan merupakan hasil seleksi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dharmasraya.

Ia berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, karena kesempatan tersebut belum tentu didapat orang lain.

Ia berharap melalui palatihan para peserta dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

"Nantinya para peserta dapat secara mandiri membuka lapangan kerja berbekal ilmu pelatihan yang didapatkan," katanya.

Menurutnya pemerintah daerah terus mengambil peran dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang terampil di Dharmasraya melalui program tersebut.

Pemerintah setempat untuk gelombang ke dua kembali mengirimkan peserta pelatihan otomotif sebanyak 20 orang ke BBPLK Bandung, kata dia.

Ia menyebutkan setelah mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, atau membuka usaha sendiri.

"Kemudian sertifikat keahlian yang didapatkan bisa juga digunakan untuk mengikuti program magang ke Jepang," tambah dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar