Penganggur masih tinggi, Pemkab Pasbar tingkatkan kemampuan pencaker

id pelatihan pencari kerja,balai latihan kerja,pasaman barat,angkatan kerja

Penganggur masih tinggi, Pemkab Pasbar tingkatkan kemampuan pencaker

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen saat memulai pelatihan bagi pencari kerja di daerah itu dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus meningkatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pencari kerja mengingat jumlah pengangguran di daerah itu mencapai 13.377 orang hingga saat ini.

"Berbagai macam upaya terus kita lakukan untuk mendukung para pencari kerja sehingga memudahkan memperoleh pekerjaaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan diantara upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan skil atau kemampuan berupa pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Pasaman Barat dan BLK komunitas serta di Lembaga Keterampilan Swasta.

Kemudian mencarikan lowongan yang akan diadakan job fair (online dan offline) dan mencarikan lowongan sebagai perawat ke Jepang program goverment to goverment.

"Sampai saat ini sudah dikirim 14 orang keluar negeri seperti Malaysia, Jepang, Arab Saudi dan Korea Selatan," katanya.

Ia mengakui pihaknya menghadapi tugas berat dengan tingkat pengangguran mencapai 13. 377 orang dengan rincian laki-laki 8.132 orang dan perempuan 5.245 orang.

Menurutnya sjak adanya pandemi COVID-19 angka pengangguran meningkat. Sebab, akibat wabah itu mempengaruhi dunia kerja yang ada.

Pengangguran itu berasal dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Pihaknya juga terus berupaya bagaimana tingkat pengangguran tidak terus bertambah.

Diantara upaya yang dilakukan adalah melakukan bimbingan konsultasi peningkatan produktifitas bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada.

Dalam konsultasi itu, katanya pihaknya melakukan pengkajian masalah yang dihadapi UKM. Kemudian melakukan identifikasi dan mencarikan jalan keluar atau solusinya agar para pelaku UKM dapat bertahan dan bertambah maju usahanya.

"Jika suatu usaha berkembang maka akan menambah tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," katanya.*