Musrenbang RKPD Sijunjung 2020, Tiga prioritas agenda pembangunan

id sijunjung

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin memberi arahan pada acara Musrenbang RKPD 2020 (ist)

Muaro (ANTARA) - Musyawarah rencana pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung untuk 2020, ditetapkan Bupati Yuswir Arifin tiga prioritas agenda pembangunan.

"Sebagai langkah taktis dan solutif dalam merumuskan skala prioritas pembangunan 2020, maka ditetapkan tiga agenda pembangunan yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemerataan infrastruktuf dan pengembangan kepariwisataan," kata Yuswir Arifin saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Sijunjung 2020 di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis.

Ketiga tersebut merupakan jawaban dari isu-isu strategis daerah saat ini, sesuai dengan prioritas pembangunan nasional, provinsi dan daerah seiring ditetapkannya Geopark Ranah Minang Silokek sebagai kawasan Geopark (taman bumi) Nasional oleh Menteri Pariwisata pada bulan November tahun 2018.

Oleh sebab itu, perlu menyikapi secara bersama melalui forum Musrenbang RKPD ini dan diharapkan ketiga agenda pembangunan tersebut mampu memicu pembangunan Kabupaten Sijunjung di semua sektor, baik langsung maupun tidak langsung.

Sekaligus sebagai barometer dalam rangka mendorong pengembangan kepariwisataan Kabupaten Sijunjung guna terwujudnya kualitas sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi daerah yang berdaya saing tinggi, tambah Bupati.

"Kita berharap pengembangan kepariwisataan menjadi branding Kabupaten Sijunjung di masa yang akan datang melalui tagline "Mari kita ke Sijunjung", Insya Allah dapat kita canangkan dalam Musrenbang RKPD tahun depan, oleh karena itu, pada 2019 dan 2020 diharapkan pembenahan infrastruktur dan fasilitas publik destinasi wisata dapat kita benahi secara bersama-sama," imbaunya.

Sementara itu, Sekretaris Bapppeda Yuni Elviza menerangkan tujuan dari kegiatan ini untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Sjunjung 2020, guna disempurnakan berdasarkan rancangan awal rencana seluruh perangkat daerah yang telah diverifikasi dan hasil penelaahan terhadap rancangan RKPD Provinsi, RKP dan Program Nasional.

Sedangkan narasumber pada kegiatan ini, Kasubit Pemolaan dan Pemetaan Kawasan Ekosistem Esensial, Direktorat Bina Pengelolaan Ekositem Ekonsial, Ditjen KSDE Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yayat Surya dan General Manager Geopark Ciletuh Sukabumi, Dana Budiman, jelas Yuni.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar