Bupati Sijunjung turun ke sawah petani, uji coba mesin tanam padi

id Petani Sijunjung

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menguji mesin tanam padi di kelompok tani saiyo di Tanjung Lolo, dalam kegiatan temu lapangan. (Ist)

Muaro (ANTARA) - Bupati Sijunjung Yuswir Arifin turun langsung ke sawah Kelompok Tani Kami Saiyo guna meresmikan gerak tanam padi serentak menggunakan mesin tanam bibit padi sebagai upaya meningkatkan produksi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Nagari Tanjung Lolo Kecamatan Tanjung Gadang, senin, sekaligus melakukan temu lapangan (field day) dengan kelompok Tani Kami Saiyo.

Kesempatan itu hadir Dandim 0310/SSD, Letkol. Inf. Dwi Putranto, S.AP, Kepala Dinas Pertanian Ronaldi, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Jasril, camat Tanjung Gadang serta Forkopimcam, wali Nagari Tanjung Lolo.

Ketua Kelompok Tani Kami Saiyo Sri Dalmawel megucapkan selamat datang kepada Bupati Sijunjung dan rombongan.

“Kehadiran Bupati dan rombongan untuk memberikan masukan kepada kami, mudah-mudahan kedepannya Kelompok Tani Kami Saiyo semakin maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Ia menjelaskan awal berdirinya Kelompok Tani Saiyo merupakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan anggota kelompok.

“Kelompok tani Kami Saiyo berdiri sejak tahun 1991 dengan anggota sebanyak 65 orang, dengan luas sawah 25 hekrare,” jelasnya.

Dia berharap kepada dinas terkait untuk memberikan pembinaan setiap tahun, dan juga memberikan bantuan seperti benih dan Dam Parit agar air lancar ke sawah.

Bupati Yuswir dalam arahannya menyebutkan bahwa Kabupaten Sijunjung mempunyai potensi pertanian yang bisa untuk diandalkan.

Hal ini dibuktikan dengan berbagai luas sawah yang dimiliki semua kelompok tani, salah satu contoh pada kelompok Tani Kami Saiyo memiliki luas sawah 25 ha.

“Di era globalisasi saat ini, para petani umumnya tidak lagi menggunakan hewan sebagai pembajak sawah, melainkan sekarang zaman sudah canggih, untuk tanam padi saja sudah menggunakan alat dan mesin,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Yuswir berpesan kepada para penyuluh pertanian untuk berkonsolidasi dengan masyarakat guna meningkatkan produksi pertanian.

Selain itu kepada Kelompok Tani agar bersatu padu meningkatkan persaudaraan untuk membangun pertanian.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar