KPKNL Bukittinggi kenalkan lelang pada warga yang berwisata di Jam Gadang

id lelang

Kegiatan Lelang Expo yang digelar KPKNL Bukittinggi di pelataran Jam Gadang untuk mengenalkan lelang pada warga yang sedang berwisata di area objek wisata itu, Sabtu(23/3) (Antara Sumbar/ Ira Febrianti)

Bukittinggi (ANTARA) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi, Sumatera Barat, mengenalkan lelang pada warga yang tengah berwisata di pelataran Jam Gadang melalui Lelang Expo dengan tema "Ikut Lelang Sambil Berwisata".

Kepala KPKNL BukittinggiSyukriah di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan Lelang Expo digelar untuk mengubah pendapat masyarakat yang menyatakan bahwa transaksi jenis itu tidak efektif, rumit dan bermasalah.

"Sebenarnya tidak demikian justru lelang menawarkan transaksi aman, nyaman dan pasti bahkan dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi," terangnya.

Lelang bermanfaat sebagai sarana penghasilkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan sarana penegakan hukum dengan menuntaskan masalah "non performing loan" (NPL) di perbankan.

Sebagai langkah edukasi bagi masyarakat KPKNL Bukittinggi bersama lembaga perbankan di wilayah kerjanya menyediakan stand yang dapat dikunjungi warga jika ingin bertanya seputar lelang dan objeknya.

Edukasi juga dikemas dengan cara mengadakan lelang sukarela karya seni dari para mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Lelang Expo diselenggarakan selama dua hari yaitu pada 23 dan 24 Maret 2019 mulai pukul 9.00 hingga 17.00 WIB di area Jam Gadang bagian bawah.

Ia mengatakan Lelang Expo sekaligus digelar untuk memperingati 111 tahun Lelang Indonesia pada 28 Februari. Kegiatan yang sama pernah dilakukan pada 2017 di Jam Gadang.

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias menilai umumnya pihak swasta di daerah belum mengetahui bahwa mereka bisa melakukan lelang melalui KPKNL.

Hal yang kerap menjadi pertanyan yaitu kualitas bahan yang digunakan pada objek berupa bangunan dan kepastian produk aman dari masalah.

"Saya pernah terima pertanyaan seperti itu. Sebenarnya ini menunjukkan warga berminat karena sudah bertanya hanya saja masih ragu karena mungkin belum mendapat informasi cukup," katanya.

Lewat Lelang Expo yang diselenggarakan di tengah keramaian area objek wisata Jam Gadang diharapkan menjadi sarana edukasi masyarakat bahwa lelang aman dan dapat menjadi pilihan sarana jual beli. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar