Pemkab Sijunjung adakan Diklat wujudkan penulis sastra andal

id Diklat

Peserta Diklat Penulisan Sastra yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sijunjung. (ist)

Sijunjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat terus mendorong melakukan literasi menulis, salah satunya dengan mengelar pendidikan dan pelatihan penulisan karya sastra dalam upaya mewujudkan lahirnya penulis sastra yang andal dari daerah itu.

Kegiatan itu, dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin embuka secara resmi Diklat Penulisan Sastra bagi Komunitas Baca se-Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan di Hotel Kawana Padang, Sumatera Barat, Selasa.

Acara yang digelar Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung selama tiga hari ini, dimulai dari Selasa hingga Kamis 26-28 Februari 2019, diikuti 25 orang peserta berasal dari semua komunitas baca se-Kabupaten Sijunjung.

Bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan tersebut, serta ucapan terima kasih kepada Dinas Arsip dan Pustaka Provinsi Sumatera Barat yang sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan itu.

"Tolok ukur kemajuan sebuah daerah adalah ketika memiliki segudang ilmu pengetahuan, salah satu indikatornya dengan meningkatnya daya kunjungan pemustaka serta literasi sastra. Hal ini alasan karena sastra dan seni memiliki peranan yang penting dalam masyarakat," jelas Bupati.

Dengan adanya kelompok baca, dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menjadi sebuah wadah kegiatan masyarakat serta dapat mewujudkan masyarakat yang maju, jaya adil dan sejahtera, tambahnya.

Kegiatan Diklat bertemakan "Dengan Komunitas Baca Kita Wujudkan Penulis Sastra yang Andal", ini sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat, sambungnya.

Bupati berharap outcome Diklat ini kepada seluruh peserta untuk dapat menerapkannya di daerah masing-masing, sesuai dengan tuntunan yang telah dipelajari.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Darlias selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari Diklat ini adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kepada peserta selama Bimtek diberikan fasilitas penginapan, makan siang dan malam, snack pagi dan sore, member KIT serta perjalanan dinas peserta," jelasnya.

Diklat ini juga dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, diwakili Kabid Pembinaan, Deviany A.Ing.MM, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Muslim, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar