Mobil layanan keliling Disdukcapil jangkau wilayah pinggiran Dharmasraya

id Mobil Pelayanan Kependudukan keliling

Bupati Sutan riska Tuanku Kerajaan saat meninjau Mobil Pelayanan Kependudukan keliling di Halaman Kantor Disdukcapil Dharmasraya, Selasa (19/2). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), segera mengoperasikan mobil pelayanan administrasi kependudukan keliling untuk masyarakat di daerah itu.

"Mobilnya sudah tiba seminggu lalu, hari ini juga ditinjau Bupati Sutan Riska," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Disdukcapil Dharmasraya, Rudy Aldrin di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan waktu peluncuran akan akan dilakukan dalam waktu dekat, sebab sebelum dioperasikan seluruh perangkat mobil tersebut dirakit terlebih dahulu

"Kelengkapan dan sistem jaringan saat mobil datang itu terpisah dan belum terpasang, maka hari ini teknisi dari karoseri pabrikan mulai melakukan perakitan dan penyetelan, setelah selesai lansung diluncurkan," katanya.

Ia menjelaskan mobil layanan keliling dapat melayani masyarakat melakukan perekaman KTP-E hingga percetakan, penerbitan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan pengurusan pelayanan kependudukan lainnya.

Pemerintah setempat mengalokasikan anggaran Rp1,3 miliar untuk pengadaan mobil pelayan keliling sebagai upaya mempermudah dan mempercepat pelayan kepada masyarakat, serta menjangkau pelayanan administrasi kependudukan di wilayah pinggiran.

Fokus layanan lebih pada penanganan masyarakat di nagari (desa adat) yang selama ini kesulitan mengakses kantor Disdukcapil yang berlokasi di pusat ibu kota, lanjutnya.

"Kalau ada nagari yang jauh, kami dapat bawa mobil ke sana dan melaksanakan pelayanan sampai dengan pencetakan, artinya pelayanan dapat langsung diselesaikan di mobil keliling tanpa harus ke kantor," ujarnya.

Ia menambahkan Disdukcapil terus menyosialisasikan tentang pentingnya data kependudukan dan proses pengurusan administrasi juga dipermudah sehingga partisipasi masyarakat meningkat.

"Sosialisasi terus kami laksanakan ke daerah yang berbeda, bahkan sebelum mobil ini ada dengan peralatan seadanya kami sudah menerapkan layanan keliling. Dan juga pelayan satu hari selesai," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar