Musrenbang tahun ini Pasaman gunakan aplikasi e-planning

id Musrenbang

Suasana pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Rao Selatan, Selasa (19/2). Dihadiri oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (ist)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kecamatan di Kabupaten Pasaman, mulai bergulir selama empat hari ke depan. Dimulai sejak 18-21 Februari 2019. Mapattunggul, Rao dan Simpati menjadi kecamatan pertama.

Pelaksanaan musrenbang ditiap kecamatan dibuka langsung oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Wabup Atos Pratama dan Sekda Mara Ondak, secara terpisah.

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman, Choiruddin Batubara, Selasa, mengharapkan pelaksanaan Musrenbang ini setiap usulan masyarakat dapat ditampung untuk diprogramkan pada pembangunan daerah di 2020.

"Musrenbang tahun ini, Pemda Pasaman mengoptimalkan penggunaan aplikasi e-Planning. Aplikasi ini akan mengakomodir sepuluh usulan kegiatan pernagari. Mencakup bidang fisik, sosial budaya dan ekonomi," katanya.

Menurutnya, musrenbang kecamatan yang dilaksanakan pada saat ini merupakan tahapan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah kabupaten Pasaman ditahun berikutnya.

"Selain bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD kabupaten, sinkronisasi agenda prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas SKPD yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD provinsi maupun APBN," terangnya.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta agar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat nagari dapat diprioritaskan pada musrenbang tingkat kecamatan.

"Proses musrenbang nantinya sampai selesai ke 12 Kecamatan harus sesuai dengan anggaran yang ada. Usulkan yang benar-benar menjadi prioritas," ucapnya.

Dia berharap, melalui musrenbang tersebut dapat menghasilkan aspirasi yang dibutuhkan masyarakat, disesuaikan dengan skala prioritas. Sehingga pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan tepat guna serta tepat sasaran.

"Kita harapkan dari sini akan diperoleh program yang diperlukan masyarakat Kabupaten Pasaman," pungkasnya. (Wahyu)

Berikut jadwal pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Pasaman:

1. 18 Februari 2019:

- Kecamatan Mapattunggul, dihadiri Bupati Pasaman, Kecamatan Rao, dihadiri Wakil Bupati Pasaman, Kecamatan Simpati, Sekda

2. 19 Februari:

- Kecamatan Rao Selatan, Bupati, Kecamatan Tigonagari, Wabup, Kecamatan Panti, Sekda

3. 20 Februari:

- Kecamatan Duokoto, Bupati, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Wabup, Kecamatan Bonjol, Sekda

4. 21 Februari:

- Kecamatan Rao Utara, Bupati, Kecamatan Lubuksikaping, Wabup, Kecamatan Padanggelugur, Sekda.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar