KPU Pasaman masih kekurangan 73 kotak suara

id Kontak suara

Petugas KPU Pasaman tampak menyusun kotak suara kardus yang baru saja siap dirakit di gudang logistik KPU di GOR Tuanku Rao Lubuksikaping. (Ist)

Lubuksikaping, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, menyatakan daerah itu masih kekurangan 73 unit kotak suara lagi untuk menghadapi Pemilu 17 April mendatang.

KPU Pasaman sendiri membutuhkan sebanyak 4.711 kotak suara untuk ditempatkan pada 915 TPS di daerah itu. Namun yang tersedia saat ini baru berjumlah 4.638 unit kotak suara.

"Jadi KPU Pasaman masih kurang 73 kotak suara, dari jumlah keseluruhan yang dibutuhkan sebanyak 4.711 kotak suara yang akan dibagikan ke seluruh TPS yang ada di Kabupaten Pasaman," aku Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi, Minggu.

Pihaknya baru menerima 4.697 unit kotak suara kardus untuk pemilu mendatang dari KPU pusat. Sementara jumlah seharusnya yang dibutuhkan sebanyak 4.711 kotak suara.

"Dari total 4.697 itu, sebanyak 59 unit kotak suara ditemukan rusak saat perakitan dilakukan. Sehingga total kotak suara tersedia yang kita miliki berjumlah 4.638 kotak suara," ucap Rodi.

Pihaknya, kata dia, baru saja merampungkan perakitan kotak suara pemilu 2019 setelah didistribusikan oleh KPU pusat, beberapa waktu lalu.

"Sebanyak 4.638 kotak suara dari total 4.697 kotak suara yang diterima sudah rampung dirakit. 59 diantaranya kita temukan dalam kondisi rusak karena robek dan terkelupas," kata Rodi.

Rodi menyebutkan sudah melaporkan hal tersebut ke KPU pusat, melalui KPU Provinsi Sumatera Barat untuk segera ditindaklanjuti dengan mengirimkan kotak suara pengganti.

Sedangkan terkait dengan kotak suara yang rusak, sudah komunikasikan juga ke Bawaslu Pasaman dan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi

Untuk perakitan kotak suara tersebut, kata Rodi, telah dimulai pada awal Februari lalu dan merupakan salah satu persiapan logistik Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

KPU Pasaman, kata dia terus mematangkan persiapan Logistik Pemilu 2019, di Gudang Logistik KPU Pasaman yang bertempat di GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping.

"Gudang logistik juga di jaga ketat oleh pihak kepolisian dari Polres Pasaman dan juga diawasi pihak Bawaslu Pasaman," katanya.

Kasubag Logistik KPU Pasaman Irwan melalui Yolli Ardi menanambah, saat tim merakit kotak suara pihaknya menemukan sejumlah kotak suara dalam kondisi rusak dan tak bisa dipakai karena sobek.

"Jadi kotak suaranya robek, sekitar 10 cm pada beberapa sudut, ada juga yang terkelupas bagian atasnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, Kotak suara yang telah dirakit ini akan disebar ke 915 TPS yang ada di Pasaman dan setiap TPS mendapat jatah lima kotak suara.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar