Sekdakab baru Pasaman dikukuhkan bupati

id Sekda

Bupati Pasaman H Yusuf Lubis memberikan ucapan selamat kepada Mara Ondak yang baru saja dilantik menjadi Sekda, gantikan M Saleh. (Ist)

Lubuksikaping (Antaranews Sumbar) - Bupati Pasaman Yusuf Lubis resmi mengangkat Mara Ondak Harahap sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) di kabupaten itu, menggantikan posisi M Saleh, yang memasuki purna tugas terhitung 1 Februari 2019.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekda tersebut berlangsung sukses dan lancar. Bertempat di Gedung Pertemuan Syamsiar Thaib, Lubuksikaping, Kamis.

Pengangkatan Mara Ondak sebagai Sekda berdasarkan Keputusan Bupati Pasaman Nomor:821.22/02/BKPSDM-2019, tentang pengangkatan PNS dalam jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman.

Hadir, Wabup Atos Pratama, Kasdim 0305 Mayor Inf Supriyono, Wakapolres Kompol A Yani, para Sekda dari sejumlah Kabupaten/Kota di Sumbar. Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD, Camat dan Walinagari.

Menurut Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, proses pengangkatan pejabat Sekda di kabupaten itu sudah sesuai mekanisme. Sebelumnya, kata dia, Pemda setempat sudah melakukan seleksi pengisian jabatan tinggi pratama secara terbuka, lewat Pansel beberapa waktu lalu.

"Pengisian jabatan Sekda diawali dengan pembentukan panitia seleksi. Lalu, dilanjutkan dengan meminta rekomendasi dari Komisi ASN, Gubernur Sumbar serta pelaksanaan seleksi oleh Pansel secara terbuka," katanya.

Setelah seluruh tahapan tersebut dilalui, kata Bupati, barulah dia berani menetapkan Sekretaris Daerah yang baru untuk menggantikan pejabat Sekda sebelumnya yang sudah memasuki usia pensiun, sesuai dengan hasil seleksi oleh Panitia Seleksi.

"Dengan berpedoman kepada ketentuan tersebut, hari ini kami melantik Saudara Mara Ondak sebagai Sekda berikutnya. Menggantikan posisi M Saleh, selaku Sekda yang akan memasuki usia pensiun," ujarnya.

Dikatakan, penetapan Mara Ondak pada jabatan Sekda pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan terhadap kredibilitas dan loyalitasnya sebagai seorang ASN sehingga berhak untuk menduduki jabatan tersebut.

"Oleh karena itu, ketika kita telah diamanahi suatu jabatan maka konsekwensinya kewajiban harus ditunaikan, tanggungjawab harus dipikul dan tugas harus dilaksanakan," imbuhnya.

Ia berharap, Sekda yang baru saja Ia lantik dapat membantu dirinya sebagai kepala daerah dalam penyusunan kebijakan, pelayanan administratif, menyukseskan penyelenggaraan pemerintahaan, pembangunan daerah dan mewujudkan visi misi daerah.

"Sekda itu harus jadi panutan bagi bawahannya. Termasuk dalam hal apel. Sekda harus sering apel. Harus komunikatif, mengayomi. Harus tertib, disiplin, berbungga, komitmen dan ikhlas," ujar Bupati disambut gelak tawa para tamu undangan di ruangan itu.

Ia pun berharap seluruh Kepala OPD dan ASN dijajaran Pemda tersebut dapat memberikan dukungan untuk kesuksesan Sekda dalam melaksanakan tugasnya dalam rangka mewujudkan visi misi daerah.

Kepada Pejabat lama, Bupati mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya selama dua tahun tiga bulan menjabat sebagai Sekda di kabupaten itu. Pasalnya, selama rentang waktu itu M Saleh telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Selama bertugas, beliau telah dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi seluruh ASN. Penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan program pembangunan yang telah direncanakan dapat terselenggara dengan baik. Berbagai prestasi pun banyak diraih," katanya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar