PMI kecamatan diharapkan jadi perpanjangan tangan pemerintah daerah

id PMI Kecamatan

Pelantikan dan pengukuhan pengurus PMI tingkat kecamatan se-Kabupaten Solok. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) yang dibentuk di setiap kecamatan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam membantu penanganan masalah kemanusiaan.

"Kabupaten Solok yang luas dan rawan bencana memerlukan anggota PMI di tingkat kecamatan, selama ini anggota PMI terbatas di tingkat kabupaten," kata Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Suharmen pada pelantikan dan pengukuhan anggota PMI tingkat kecamatan di Arosuka, Kamis.

Ia meyakini dengan adanya anggota PMI di tingkat kecamatan se-Kabupaten Solok akan membawa dampak positif di lingkungan masyarakat maupun daerah.

Karena anggota PMI di tingkat kecamatan dapat mempermudah dan mempercepat bantuan ketika ada bencana atau masalah kemanusiaan lainnya.

PMI yang ada di tingkat kecamatan akan lebih mudah dalam menjangkau nagari (desa adat) jika terjadi bencana.

"Semakin banyak anggota PMI akan semakin mudah dalam menanggulangi bencana. Kami berharap timbul juga kesadaran masyarakat pada tingkat nagari untuk membentuk PMI," ujarnya.

Ia mengharapkan anggota PMI yang dilantik dapat bekerja baik, ikhlas, suka rela dan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi lainnya.

Sementara Wakil Ketua PMI Kabupaten Solok, Revoli Azian mengatakan PMI merupakan organisasi mandiri yang profesional yang memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, diharapkan juga meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya.

"Adanya PMI di tingkat kecamatan merupakan perpanjangan tangan dari PMI kabupaten yang diharapkan menjalankan berbagai program PMI dengan baik dan cepat," katanya.

Ia mengajak masyarakat agar bersama-sama dalam menyukseskan berbagai program dan kegiatan PMI, seperti donor darah, relawan bencana, dan lainnya.

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar menyebutkan PMI merupakan salah satu wadah untuk mengabdi kepada masyarakat.

"Melalui PMI kami berharap mampu meringankan beban saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

PMI sebagai organisasi sukarela dan mandiri tetap harus mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat, selain melaksanakan tujuh tugas pokok PMI. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar