Inspektorat Sijunjung bekali aparatur tingkatkan kompetensi audit

id sijunjung

Inspektorat Sijunjung bekali aparatur tingkatkan kompetensi audit

Aparatur inspektorat Kabupaten Sijunjung menggelar pelatihan audit dan pemeriksaan secara internal sebagai bentuk peningkatan kompetensi. (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Inspektorat Daerah Kabupaten Sijunjung melaksanakan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) mengenai audit investigasi dan audit kinerja yang berlangsung selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (21-23/11) yang diikuti seluruh pegawai di Inspektorat.

Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Badan Pengawasan Keuangan Pemerintah (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dan dibuka langsung Inspektur, Endi Nazir di Kantor di Aula Inspektorat Muaro Sijunjung, Rabu.

Dalam sambutannya, Endi menyebutkan pelatihan kantor sendiri dilaksanakan oleh inspektorat dalam rangka peningkatan kompetensi personil di instansi pengawas internal tersebut.

"Kali ini kita mengambil topik tentang audit investigasi dan audit kinerja dengan harapan pada tahun anggaran 2019, terkait inspektorat akan melaksanakan audit kinerja terhadap OPD yang termasuk dalam Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) 2019, untuk menilai kinerja OPD tersebut sudah memenuhi prinsip 3E (efektif, efisien dan ekonomis)," ujarnya.

Apalagi dalam waktu dekat akan ditandatangani Perjanjian Kerja Sama antara pemerintah daerah dengan Aparat Penegak Hukum (APH) yaitu Kejaksaan dan Kepolisian untuk meminimalisir penyimpangan yang berindikasi korupsi di pemerintah Kabupaten Sijunjung.

"Untuk itu personil Inspektorat juga dibekali dengan materi audit investigasi yang akan dipaparkan juga oleh tim dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat," terangnya.*