Nagari Talang Babungo jadi Kampung Berseri Astra di Solok

id Kampung Berseri Astra,Nagari Talang Babungo,Solok

Nagari Talang Babungo jadi Kampung Berseri Astra di Solok

Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin (memakai baju koko biru tua) meninjau Kampung Berseri Astra di Dusun Tabek, Nagari Talang Babungo. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumati, Kabupaten Solok, Sumatera Barat menjadi Kampung Berseri Astra yang langsung dibina oleh PT Astra Indonesia dalam rangka membantu membangun daerah tersebut.

"Pemerintah akan memfasilitasi Kampung Berseri Astra Jorong atau Dusun Tabek untuk mencapai hasil yang maksimal dan sesuai harapan agar dapat menjadi kampung percontohan yang maju," kata Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin di Arosuka, Jumat.

Ia menyampaikan agar para fasilitator Kampung Berseri Astra Tabek mampu memberikan yang terbaik, selanjutnya mampu melengkapi poin-poin penilaian yang telah ditetapkan agar menjadi kampung terbaik dan inspiratif.

Adanya Jorong tabek sebagai Kampung Berseri Astra tentunya akan menambah semangat masyarakat untuk meningkatkan dan memajukan daerahnya.

"Lakukan pendekatan dengan berbagai sektor untuk menunjang pembangunan Kampung Berseri Astra Tabek dari berbagai sektor, jika pariwisatanya bagus berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata," katanya.

Nantinya, ia Berharap Kampung Berseri Astra Tabek dapat menjadi salah satu ikon di Solok dan dijadikan salah satu daerah agro wisata dengan menonjolkan keasrian alamnya (Kampung Wisata).

Dengan adanya Kampung Berseri Astra Tabek sebagai kampung wisata nantinya, diharapkan mampu menunjang perekonomian masyarakat sekitar, sehingga dapat tercipta lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kampung Berseri Astra, Kasri mengatakan jika Dusun Tabek merupakan kampung berseri Astra binaan secara langsung dari PT Astra.

"Kampung Berseri Astra Tabek merupakan salah satu dari 10 kampung terbaik pada tahun ini dari 77 Kampung Berseri Astra se-Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan pada 22-26 November 2018 beberapa anggota KBA akan menghadiri KBA inovasi di Bali dalam rangka penilaian 10 Kampung Berseri Astra terbaik, serta mempromosikan berbagai program inovasi yang ada di Kampung Berseri Astra Tabek.

Kampung Berseri Astra Tabek memiliki 11 Zona, guna memudahkan dalam mengendalikan dan menata tiap-tiap daerah bagiannya. (*)