DJP kampanyekan kesadaran pajak kepada generasi muda

id djp, pajak,Pajak Bertutur

DJP kampanyekan kesadaran pajak kepada generasi muda

Kepala DJP Sumbar Jambi Aim Nursalim Saleh ada acara Pajak bertutur di Padang, Jumat (9/11). (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kantor wilayah Direktorat Jendera Pajak Sumatera Barat dan Jambi mengampanyekan pentingnya kesadaran membayar pajak kepada ratusan generasi muda di Padang terdiri atas mahasiswa dan pelajar SMA lewat program Pajak Bertutur sebagai upaya meningkatkan pemahaman kepatuhan pajak.

"Kegiatan ini dlakukan serentak di seluruh Indonesia, untuk Padang digelar di Universitas Bung Hatta," kata Kepala Kanwil DJP Sumbar Jambi Aim Nursalim Saleh. di Padang, Jumat.

Menurutnya kegiatan ini diharapkan akan menjadi pondasi yang kokoh dalam penanaman kesadaran pajak kepada generasi muda untuk mewujudkan generasi emas sadar pajak.

"Berdasarkan penggalian yang dilakukan pemahaman generasi muda tentang pajak masih simpang siur oleh sebab itu perlu diberikan pemahaman yang lebih utuh terutama kepada para mahasiswa dan siswa," kata dia.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Pajak Bertutur bisa menumbuhkan kesadaran pajak generasi muda.

Di Padang kegiatan diikuti oleh mahasiswa Universita Bung Hatta, siswa SMA Adabiah, SMA Pertiwi 1, SMAN 5, SMAN 3 dan SMAN 12.

Jika sejak awal para generasi muda sudah memahami peran pajak maka kesadaran tentang pajak saat dewasa nanti menjadi lebih taat pajak, ujarnya.

Aim menyampaikan negara membutuhkan dana untuk memutar roda pemerintahan dan dulu 75 persen sumber pembiayaan berasal dari hasil sumber daya alam.

"Namun sekarang sumber daya alam telah berkurang dan salah satu solusinya adalah dari pajak," katanya.

Ia menambahkan dengan adanya kampanye yang intensif pada 2020 kesadaran pajak sudah tertanam dam terintegrasi di semua jenjang pendidikan. (*)