Japfa Foundation berikan beasiswa mahasiswa Unand

id japfa, beasiswa, unand

Japfa Foundation berikan beasiswa mahasiswa Unand

Penandatatangan nota kesepahaman antara Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni (dua dari kiri) dengan dengan Head of Japfa Comfeed Indonesia Andi Prasetyo (dua dari kanan). Antara Sumbar/istimewa.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Japfa Foundation memberikan beasiswa pendidikan kepada 20 orang mahasiswa Universitas Andalas sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan sumber daya manusia di sektor pendidikan khususnya pendidikan agrikultur.

"Program beasiswa diberikan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan," kata Head of Japfa Foundation Andi Prasetyo di Padang, Kamis.

Pelaksanaan program beasiswa ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan Pendidikan Melalui Program Beasiswa Sarjana Peternakan dan Pertanian antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan Universitas Andalas bersama Japfa Foundation.

“Melalui program beasiswa ini diharapkan para generasi muda dapat berprestasi di sektor peternakan dan perikanan,” ujarnya.

Selain itu, penerima diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan dan dapat mengabdikan pengalaman dan keterampilan yang di dapat selama kuliah kepada masyarakat.

“Guna memajukan sektor agrikultur, tentu dibutuhkan SDM yang berkualitas. Program ini ditujukan untuk mendorong semangat mahasiswa sehingga nantinya tercetak sarjana peternakan, perikanan dan kelautan yang unggul,” katanya.

Setelah lulus seleksi administrasi peserta mengikuti wawancara pada 31 Oktober hingga 1 November 2018 melibatkan 12 orang panelis.

“Seleksi wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara lengkap tentang para calon penerima beasiswa” kata dia.

Ia menyampaikan komponen beasiswa yang akan diberikan meliputi tunjangan langsung terdiri atas tunjangan hidup per bulan serta tunjangan penelitian dan skripsi.

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan tunjangan pendidikan, tunjangan kegiatan sosial, tunjangan bimbingan karier, tunjungan bimbingan akademik, dan tunjangan kursus bahasa Inggris.

“Saya berharap program ini mampu mendorong generasi muda untuk dapat berprestasi di sektor kesehatan hewan dan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat dalam bidang peternakan dan pertanian," kata dia.

Andi menyebutkan tahun ini beasiswa diberikan pada mahasiswa di lima perguruan tinggi yaitu Universitas Brawijaya, Universiyas Lambung Mangkurat, IPB, Unsyiah dan Unand

Total anggaran yang disediakan per mahasiswa adalah sekitar Rp50 juta untuk maksimal periode beasiswa empat semester atau dua tahun. (*)