300 atlet ikuti kejurnas barongsai di Padang

id barongsai, kejurnas, FOBI

300 atlet ikuti kejurnas barongsai di Padang

Federasi Olahraga Barongsai Indonesia Xavier Djunai (dua dari kanan), Ketua Pengprov FOBI Sumbar Iswanto Kwara (dua dari kiri) bersama Panitia pelaksana Kejurnas Barongsai 2018 usai jumpa pers di Padang, Minggu (21/10). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 300 atlet dari 15 provinsi di Tanah Air akan mengikuti Kejuaraan Nasional Barongsai di Padang pada 9-11 November 2018 digelar oleh Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI).

"Kejurnas kali ini merupakan yang pertama kali digelar di luar Jawa dan kami memilih Padang sebagai tuan rumah," kata Sekjen FOBI Xaverius Djunair di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan kejurnas memperlombakan sembilan kategori yaitu untuk naga meliputi kategori naga kecepatan, naga halang rintang, dan naga taolu bebas.

Kemudian kategori pekingsai meliputi pekingsai halang rintang, pekingsai kecepatan dan pekingsai taolu bebas.

Berikutnya kategori barongsai halang rintang, barongsai kecepatan dan barongsai taolu bebas.

Ia menyampaikan semua kategori yang diperlombakan sama dengan eksibisi saat PON 2016 di Jawa Barat dan dapat menjadi pemanasan menjelang PON 2020 di Papua.

"Untuk juri kami menghadirkan yang berkompeten dan saat ini sudah ada 12 juri internasional," kata dia.

Terkait dengan aturan main ia mengatakan FOBI berkiblat kepada Internasional Dragon dan Liondance Sport Federation sehingga jika ada atlet yang diutus ke luar negeri aturan main akan sama, ujarnya.

Ia mengatakan dulu barongsai identik dengan Pecinaan namun sekarang sudah dikompetikan di PON dan juga ada kejuaraan internasional.

Sementara Ketua Pengurus Provinsi FOBI Sumatera Barat Iswanto Kwara menyampaikan dipilihnya Padang sebagai tuan rumah selain akan lebih mempopulerkan barongsai juga membawa keuntungan bagi daerah khususnya pariwisata.

Ada sekitar 1.000 orang yang akan datang tentu akan semakin membuat Padang populer dan dari sisi ekonomi juga menguntungkan, ujar dia.

Ia menambahkan masyarakat juga dapat menyaksikan kerjurnas ini secara langsung yang dihelat di GOR HBT Padang.

*