Pembangunan Jalan Tembus Muaro Aia -Alahan Panjang dimulai

id jalan tembus, painan

Pembangunan Jalan Tembus Muaro Aia -Alahan Panjang dimulai

Pembangunan jalan tembus Muaro Aia-Alahan Panjang (Antara Sumbar/istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pembangunan jalan tembus dan pelebaran Muaro Aia Ke Alahan Panjang Solok dimulai pelaksanaannya, karena kondisi yang sekarang jalan sangat sempit dan cukup rawan laka lantas.

"Jika nantinya akses telah terbangun maka kedua daerah akan bisa berhubungan dengan mudah kedua daerah bisa menjalin kerjasama ekonomi dan saling menguntungkan nantinya ," ujar Anggota DPRD Provinsi Partai Nasdem Risnaldi di Painan Kamis.

Menurutnya dampak ekonomi bisa dirasakan adalah pedagang dari Solok akan mudah berdagang ke Pessel begitu juga sebaliknya . Bahkan warga Solok untuk menuju Kawasan Wisata yang ada di Pessel juga mudah.

Pemprov akan berusaha pembangunan segera dilakukan jika masyarakat mau ikut berpartisipasi salah satunya memberikan lahannya untuk pembangunan, kata dia.

Ia menambahkan pembangunan ini untuk memudahkan akses masyarakat dan mencegah pembalakan liar.

DPRD Provinsi mendukung penuh pembangunan jalan tembus Pasar Baru Alahan Panjang karena pembangunan ini akan membawa dampak luas bagi masyarakat, kata dia.

Sementara itu Bupati Pessel Hendrajoni mengatakan pembangunan jalan tembus Pasar Baru Alahan Panjang merupakan segitiga perekonomian .Jalan yang yang dibangun ini merupakan jalan APL yang lebarnya sekitar 50 meter.

Nantinya jalan ini akan membuat transportasi kedua daerah yaitu Pessel dan Kabupaten Solok menjadi mudah. Dan pembukaan lahan ini akan menjadikan daerah ini sebagai jalur yang bisa memperpendek jarah tempuh kedua wilayah.

"Dengan pembukaan jalan ini mungkin akan ada pengembangan kawasan wisata yang rutenya akan disesuaikan dengan wilayah, apalagi di Kecamatan ini ada Jembatan Akar, Air terjun Bayang sani.

Kemungkinan potensi pariwisatanya bisa juga dikembangkan hingga kekawasan mandeh, katanya.