Ini manfaat kawasan konservasi perairan

id kawasan konservasi

Ini manfaat kawasan konservasi perairan

(ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra/jno/18)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pengelolaan konservasi perairan sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan ekosistem lingkungan dan biota laut, kata kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatra Barat Yosmeri.

"Kekayaan laut akan habis jika tidak dijaga. Karena itu kawasan konservasi ini sangat penting," katanya saat Sosialisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Sumbar di Padang, Selasa.

Kawasan konservasi perairan di Sumbar terdiri dari Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) dan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD).

KKPN yang dikelola pusat terletak pada Taman Wisata Perairan Laut Pulau Pieh, sementara KKPD terletak pada tujuh kabupaten/kota yaitu Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Di kawasan KKPD ini dilaksanakan kegiatan perlindungan dan pelestarian hewan, serta kegiatan pelestarian ekosistem lingkungan pesisir dan laut," katanya.

Selain itu, dengan adanya kawasan konservasi ini juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat daerah pesisir dengan membentuk kelompok peduli ekosistem dan biota laut.

Sementara itu Kepala Loka KKPN Pekanbaru, Yogi Yanuar menyebutkan pengelolaan konservasi laut sangat dekat hubungannya dengan pariwisata sehingga perlu dukungan pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengembangkan potensinya.

Secara ekonomi, pengelolaan kawasan konservasi untuk pariwisata itu bisa menghasilkan pendapatan puluhan miliar per tahun.

"Ini sangat besar artinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (*)