Dua calon senator asal Sumbar ini gagal

id KPU Sumbar,Calon anggota DPD

Dua calon senator asal Sumbar ini gagal

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyatakan dua calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tidak memenuhi syarat pencalonan untuk masuk dalam tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD RI dari provinsi itu.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani saat dihubungi dari Padang, Selasa mengatakan kedua calon tersebut adalah Salman dan Yushardy Malay, mereka tidak mampu memenuhi syarat dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

"Jumlah dukungan KTP yang mereka kumpulkan tidak melewati batas minimal yakni 2.000 ribu dukungan dari 10 kota dan kabupaten di Sumbar," katanya.

Selanjutnya KPU Sumbar dan KPU RI akan mengumumkan calon anggota DPD RI yang masuk dalam tahapan DCS pada 31 Agustus hingga 2 September 2018.

"Dalam jadwal tersebut kami meminta masukan dari masyarakat terkait calon anggota DPD yang telah memenuhi persyaratan," kata dia.

Sebelumnya KPU Sumbar telah menerima pendaftaran 25 calon anggota DPD yang akan maju dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Izwaryani mengatakan hingga pendaftaran calon anggota DPD RI ditutup pada Rabu (11/7) pukul 00.00 WIB sebanyak 25 orang mendaftarkan diri dari 26 orang yang telah menyerahkan surat dukungan kepada pihaknya.

"Mereka semua telah medaftarkan diri dan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan," katanya.

Ia mengatakan pendaftaran calon anggota DPD RI telah dibuka oleh KPU Sumbar sejak tanggal 9 Juli hingga 11 Juli 2018.

Pada hari pertama pembukaan ada sebanyak delapan orang yang mendaftar yakni Alkudri, Zul Evi Astar, Julia F Agusta, Helmy Panuh, Muslim M Yatim, Ibrani, Icu Zukafril dan Tukiman.

Sementara pada hari kedua ada sebanyak 13 orang mendaftar yaitu Alirman Sori, Afrizal, Zainal Akil, Irdam Imran, Yuherman, Chairul Umayya, Mulyadi Afmar, Emma Yohana, Komi Chaniago, Leonardy Harmainy, Desra Ediwan, Nurkhalis dan Ramal Saleh.

Dan pada hari terakhir ada sebanyak empat orang yang mendaftar yaitu Yushardy Malay, Attila Hasidi, Salman dan yang terakhir mendaftar adalah Asnawi Bahar.

"Ada satu bakal calon yang tidak melakukan pendaftaran dan melengkapi persyaratan pendaftaran calon anggota DPD yaitu Rani Hatyasih," kata dia. (*)