Kembangkan potensi peserta didik gelar lomba giat penggalang sejati

id pramuka

Kembangkan potensi peserta didik gelar lomba giat penggalang sejati

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin selaku Kamabicap menjadi pembina upacara pembukaan lomba Giat Penggalang Sejati (GPS) tersebut. (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Dalam rangka membina dan mengembangkan potensi peserta didik, Kwartir Cabang Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung gelar lomba Giat Penggalang Sejati (GPS) gerakan pramuka se-Kecamatan Kamang Baru di Bumi Perkemahan Batu Godang Jorong Kiliran Jao, pada 13-15 Agustus 2018.

Dalam laporan pelaksana kegiatan, guru SDN 29 Kamang Mukhariadi mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Kwarcab Kamang Baru yang bertujuan untuk membentuk kader penggalang yang cinta tanah air serta membentuk dan menghargai lingkungan alam.

“Kegiatan diikuti oleh 1200 peserta, yang terdiri dari 40 Gugus Depan Sekolah Dasar se-Kecamatan Kamang Baru dengan mengikuti berbagai lomba yaitu lomba Azan, lomba Tahfiz Al-Quran, lomba Pionering, lomba PBB, lomba Yel-yel, lomba pacu karung, lomba cerdas cermat dan lomba Penjelajahan," jelasnya.

Pada saat itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin selaku Kamabicap menjadi pembina upacara pembukaan lomba GPS tersebut.

"Acara perkemahan yang digelar ini bukan hanya memindahkan tidur anak-anak dari rumah ke tenda atau alam. Tapi kita latih secara total mental dan fisik anak-anak agar jiwa pramuka mereka lebih mantap," ucap Bupati Sijunjung Yuswir Arifin saat menyampaikan amanatnya.

Ia berharap dari kegiatan ini, para peserta termotivasi untuk terus menerus mengembangkan gugus depannya sebagai pusat penguatan pendidikan karakter.

Karena Pramuka penggalang adalah golongan peserta didik dalam gerakan pramuka yang masih perlu dan terus dibina dan dikembangkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapannya, khususnya Gugus Depan.

Upacara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, Camat Kamang Baru selaku Kamabiran, Kepala Sekolah selaku Kamabigus, Muspika Kamang Baru, Ketua Kwarcab Kamang Baru, Niniak Mamak Alim Ulama serta Pembina masing-masing Gudep, dan selesai upacara dilanjutkan dengan peninjauan Tenda Gudep. *