Pesisir Selatan mulai "mempercantik" Painan

id Pantai Carocok,Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan mulai "mempercantik" Painan

Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

\
Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mempercantik Kota Painan dan salah satunya dengan memperbaiki drainase.

"Perbaikan drainase ini agar Kota Painan terbebas dari genangan air ketika musim hujan tiba sehingga beberapa titik lokasi yang dreinasenya tersumbat mendapat perhatian untuk dilakukan penanganan," Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Rabu.

Sebagai kota kecil, sebutnya Painan harus terbebas dari kesemrautan. Kesemrautan, imbuhnya juga bisa ditimbulkan oleh penyumbatan drainase.

"Sebab bila hujan sedikit saja, jalanan akan dipenuhi dengan genangan air yang disertai dengan onggokan-onggokan sampah yang tidak karuan. Ini jelas akan menimbulkan ancaman penyakit bagi warga. Dari itu kepada Dinas terkait, dalam hal ini PSDA, diminta untuk segera turun ke lapangan," katanya.

Ia mengatakan bahwa upaya untuk mempercantik Kota Painan akan terus dilakukan daerah itu dalam menyambut wisatawan yang akan berkunjung.

Pesisir Selatan, sebutnya sudah menjadi salah satu daerah kunjungan wisata di Sumbar, sehingga keindahan ibu kotanya harus mendapat perhatian utama.

"Makanya kita akan terus mempercantik kota ini, agar menjadi kota yang nyaman," katanya.

Ia menambahkan pemerintah setempat akan membangunan alun-alun kota di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan.

Pada tahap awal, sebutnya, Pemkab setempat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk merelokasi pedagang yang berada di depan seberang jalan RSUD M Zein Painan.

"Itu dilakukan, sebab pada kawasan tersebut akan dibangun dreinase yang sekaligus dilakukan pelebaran jalan," ungkapnya.

Upaya itu selain akan memberikan kenyamanan bagi pengendara dalam mengantisipasi kemacetan, juga akan menambah keindahan kota.

"Sebab pada kawasan seluas 2 hektare antara Masjid Agung Baiturahman dengan RSUD M Zein Painan tersebut, dikembangkan menjadi kawasan alun-alun kota, lengkap dengan berbagai sarana penunjang," katanya.