UNP bersiap jadi tuan rumah Mubes Forum Bumdes

id Rektor UNP

UNP bersiap jadi tuan rumah Mubes Forum Bumdes

Rektor UNP Prof Ganefri. (Ist)

Padang (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat tengah mempersiapkan diri menhadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah besar BUMDesa Indonesia yang akan digelar pada Agustus 2018, kata Rektor UNP Prof Ganefri.

"Setelah melakukan pendampingan terhadap Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) model di Sumatera Barat sesuai dengan nota kesepahaman UNP dengan Kementerian Desa PDT, kini kita persiapkan sarana dan prasaran penyelenggaraan kegiatan ini," kata dia di Padang, Senin.

Ia mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dan diskusi untuk menyukseskan iven nasional ini bersama Staf Khusus Kemendes PDTT Febby Datuk Bangso dan Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Kemendes PDTT Nugroho Setijo.

Direktur Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Kemendes PDTT Nugroho Setijo Nugroho mengungkapkan, saat Munas Forum BumDes Indonesia akan dibahas berbagai persoalan yang dihadapi BumDes saat ini.

Mulai dari mempersiapkan langkah-langkah menjalani kehidupan masa depan, BumDes yang sudah berhasil akan berbagi pengalaman, sehingga memberikan inspirasi bagi yang lain.

"Banyak nilai lebih yang didapatkan dari agenda Munas Forum BUMDes. Untuk kesuksesan kegiatan nasional itu, UNP diminta menyiapkan penyelenggaraanya,” katanya.

Sementara Staf Khusus Kemendes PDTT Feby Datuk Bangso dipihnya UNP sebagai tuan rumah karena memiliki fasilitas yang memadai dalam pelaksanaan iven tersebut.

Menurut dia ada kemajuan luar biasa dari beberapa BumNag di Sumbar, kemajuannya patut diperhitungkan dan diberikan acungan jempol. Bumnag di Sumbar ternyata sudah dapat meningkatkan diri dan capaian usahanya bahkan beberapa BumNag sudah berkontribusi untuk Pendapatan Asli Nagari.

"Bukan soal berapa nilainya, tapi kontribusi yang sudah bisa diberikan kepada nagari, merupakan dampak langsung dari usaha mereka,” ujarnya.

Ia menyebutkan kehadiran BumNag atau BumDes sebagai sebuah usaha, tidak semata-mata bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

"Kami berharap BUMNag atau BUMDes mencapai sasaran tidak hanya keuntungan materil tapi juga keuntungan sosial," katanya.*