Padang Panjang gandeng Wikimedia digitalisasi data objek pariwisata

id Digitalisasi data objek wisata ,Objek Wisata Padang Panjang

Padang Panjang gandeng Wikimedia digitalisasi data objek pariwisata

Kerja sama Dinas Pariwisata Padang Panjang dengan Wikimedia Indonesia untuk digitalisasi data dan informasi di PDIKM, Jumat(13/7). (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, menggandeng Wikimedia Indonesia untuk digitalisasi data dan dokumen yang ada di objek wisata Pusat Data dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Hal itu ditandai dengan kontrak kerja sama antara kedua pihak yang dilaksanakan di PDIKM Padang Panjang, Jumat (13/7).

Kepala Dinas Pariwisata setempat, Hendri Fauzan di Padang Panjang, Kamis mengatakan sasaran dari digitalisasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan minat baca masyarakat terhadap sejarah Minangkabau.

Ia menilai saat ini segala informasi dapat diakses melalui internet, dengan digitalisasi data-data di PDIKM diharapkan semakin mendekatkan para pengguna internet dengan informasi seputar sejarah Minangkabau.

Sejak penandatangan tersebut, kerja sama langsung dimulai hingga berakhir pada Oktober 2018.

Perwakilan dari Wikimedia Indonesia, Rahmat Wahidi mengatakan dengan dilakukan digitalisasi data dan dokumen di PDIKM, masyarakat hingga mancanegara dapat mengaksesnya.

Kerja sama yang dilakukan dengan Dinas Pariwisata sejalan dengan tujuan Wikimedia yaitu bebaskan pengetahuan khususnya bagi penduduk Indonesia.

"Jika dilihat konten lokal yang ada khususnya tentang Minangkabau itu sangat sedikit, dengan begitu kami berharap melalui kontribusi ini, kami dapat membantu mendigitalisasikan koleksi yang ada," ujarnya. (*)