Sejumlah bacaleg di Tanah Datar belum melengkapi persyaratan

id Kpu, bacaleg, tanah datar

Sejumlah bacaleg di Tanah Datar belum melengkapi persyaratan

DPC Partai Demokrat mendaftar di KPU Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ist)

Dari beberapa bacaleg yang mendaftar dan menyerahkan berkas mereka, masih didapati persyaratan yang belum lengkap, pada umumnya syarat  yang tidak lengkap tersebut terdapat pada bagian tes kesehatan
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Fachrul Rozi mengatakan dari beberapa bakal calon legislatif partai politik yang telah mendaftar, masih ada yang belum melengkapi persyaratan.

"Dari beberapa bacaleg yang mendaftar dan menyerahkan berkas mereka, masih didapati persyaratan yang belum lengkap, pada umumnya syarat yang tidak lengkap tersebut terdapat pada bagian tes kesehatan," katanya di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan hal tersebut terjadi karena bacaleg melakukan tes kesehatan pada rumah sakit yang tidak direkomendasikan oleh KPU RI.

Menurutnya, untuk wilayah Sumbar terdapat tiga rumah sakit yang telah direkomendasikan, yaitu RSUP M Djamil Padang, RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi dan RSSN Bukittinggi.

"Bagi yang melakukan tes kesehatan pada rumah sakit yang tidak direkomendasikan, maka mereka harus melampirkan hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukan," ujarnya.

Ia menambahkan pada umumnya bacaleg di daerah tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit MA Hanafiah Batusangkar, maka yang bersangkutan harus melampirkan hasil pemeriksaan yang lengkap.

"Akan tetapi, sesuai tahapan, maka kelengkapan berkas tersebut dapat dilengkapi mulai dari tanggal 21 hingga 24 Juli mendatang," kata dia.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Tanah Datar, Nurhamdi Zahri mengatakan partainya sengaja mendaftar pada hari terakhir pendaftaran sesuai dengan intruksi DPP Partai Demokrat.

Pada pemilihan legislatif April 2019 mendatang, pihaknya sangat optimis mampu meraih dua kursi dari empat daerah pemilihan yang ada di Tanah Datar.

"Seluruh berkas bakal calon legislatif dari partai demokrat telah diserahkan, kita berharap agar hasil verifikasi nantinya dinyatakan lengkap oleh KPU," katanya.

Hingga Selasa siang, Pihak KPU tanah Datar baru menerima sebanyak tiga berkas pendafaran bakal calon legislatif partai politik. Ketiga partai tersebut diantaranya, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (*)