Ini jadwal keberangkatan calon haji Padang Panjang

id calon jamaah haji padang panjang,kemenag padang panjang,ibadah haji 2018

Ini jadwal keberangkatan calon haji Padang Panjang

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/ama/16)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Calon jamaah haji dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), dijadwalkan pemberangkatan ke Tanah Suci pada 28 Juli 2018 tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11.

"Sehari sebelumnya atau 27 Juli 2018, calon jamaah haji diberangkatkan dari Padang Panjang menuju embarkasi Padang," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Padang Panjang, Syaiful Arifin di Padang Panjang, Rabu.

Ia menyebutkan calon jamaah haji dari daerah itu berjumlah 210 orang. Jumlah tersebut termasuk calon jamaah dari Kabupaten Tanah Datar, Padang dan Padang Pariaman yang bergabung berangkat dengan Padang Panjang.

Dalam tahap persiapan pelaksanaan ibadah, saat ini calon jamaah tengah mengikuti manasik haji yang diselenggarakan oleh Kemenag setempat sebanyak 10 kali pertemuan mulai 3 sampai 13 Juli 2018.

"Dua kali pertemuan dilaksanakan di tingkat kota dan delapan kali pertemuan di tingkat kecamatan," katanya.

Sebelumnya sejak November 2017, para calon haji sudah terlebih dahulu mengikuti manasik secara mandiri melalui dua kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang ada di Padang Panjang.

Karena pelaksanaan ibadah semakin dekat ia mengingatkan calon jamaah haji menjaga kondisi kesehatan dengan memperhatikan asupan gizi dan olahraga ringan.

Terutama bagi calon haji yang memiliki riwayat penyakit agar melakukan kontrol kesehatan secara rutin ke fasilitas kesehatan.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menginformasikan pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia tahun 2018 mulai dilaksanakan pada 17 Juli dan dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama akan menuju Madinah pada 17 sampai 29 Juli dan gelombang kedua berangkat ke Jeddah mulai 30 Juli sampai 15 Agustus.

Di fase kepulangan jamaah juga dilakukan dalam dua tahap. Pertama dilakukan dari Jeddah pada 27 Agustus sampai 8 September. Sementara gelombang ke dua dipulangkan dari Madinah pada 9 sampai 26 September. (*)