Calon haji Padang Panjang berangkat bersama jamaah Tanah Datar dan Padang

id ibadah haji,calon haji padang panjang

Calon haji Padang Panjang berangkat bersama jamaah Tanah Datar dan Padang

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Padang Panjang Endang Sriyani . (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang (ANTARA) - 115 calon haji asal Kota Padang Panjang, Sumatera Barat akan berangkat ke Tanah Suci bersama jamaah asal Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang pada 18 Juli 2019 pukul 17.35 WIB

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Padang Panjang Endang Sriyani di Padang Panjang, Selasa, mengatakan jamaah dari ketiga daerah itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13.

Calon haji asal daerah berjuluk Serambi Mekkah akan diberangkatkan ke embarkasi Padang pada 17 Juli 2019.

Ia menerangkan sebelum pelaksanaan haji, jamaah sudah mengikuti bimbingan manasik haji sebanyak 10 kali pertemuan terdiri dari delapan kali di kecamatan dan dua kali di tingkat kota.

Sebelumnya jamaah juga sudah memulai persiapan melakukan manasik secara mandiri melalui dua kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang ada di Padang Panjang.

Pada pemberangkatan haji tahun ini, jamaah asal Padang Panjang didominasi oleh warga yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS), ibu rumah tangga dan pedagang.

Calon haji termuda berusia 22 tahun yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Padang dan calon haji tertua seorang pensiunan berusia 88 tahun.

"Usia jamaah haji umumnya di rentang 35 sampai 75 tahun sebanyak 71 orang. Semuanya sudah dipastikan sehat serta dapat menempuh perjalanan dan melaksanakan ibadah haji," ujarnya.

Meski demikian ia mengimbau agar jamaah tetap mempersiapkan kondisi fisik sebelum keberangkatan mengingat jauhnya perjalanan dan kondisi cuaca yang berbeda antara Tanah Suci dengan Padang Panjang.

"Persiapan pelaksanaan haji berjalan lancar. Sebelumnya perlengkapan calon haji sudah diserahkan 1 dan 2 Juli lalu. Selanjutnya pengumpulan koper jamaah pada 12 dan 13 Juli untuk diantarkan ke embarkasi Padang pada 16 Juli 2019," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar