Ini objek wisata yang ditawarkan di Tanah Datar

id Pariwisata, tanah datar, pagaruyuang

Ini objek wisata yang ditawarkan di Tanah Datar

Wisatawan berfoto di halaman Istano Basa Pagaruyuang Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ Syahrul Rahmat.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) menawarkan belasan objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang datang berkunjung ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, Minggu, mengatakan belasan objek wisata tersebut terdiri dari wisata alam, wisata budaya serta sejarah.

"Sepanjang libur lebaran ini para wisatawan dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang telah disiapkan," katanya.

Beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi tersebut diantaranya adalah Istano Basa Pagaruyuang, Nagari Tuo Pariangan, Batu Angkek-angkek yang ada di Sungayang, Balai Ruang Sari Tabek serta Rumah Tuo Kampai Nan Panjang yang telah berumur ratusan tahun

Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pesona alam Tanah Datar dengan mengunjungi Panorama Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Rumah Pohon Salimpauang dan Panorama Aua Sarumpun yang menyajikan pemandangan Danau Singkarak.

Selanjutnya masih terdapat Air Terjun Lembah Anai, Kincia Kamba Tigo, Tanjung Mutiara yang menawarkan wisata air di tepian Danau Singkarak serta Kampuang Minang Sumpu.

"Untuk masing-masing destinasi wisata tersebut kita sudah menyiapkan nomor telepon yang dapat dihubungi seandainya ada pengunjung yang ingin menyampaikan keluhan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk wisata atraksi budaya wisatawan dapat menyaksikan atraksi pacu jawi yang rencananya akan digelar pada akhir Juni nanti.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian sudah meminta beberapa daerah untuk menyiapkan nomor telepon pengaduan pariwisata guna menjamin kenyamanan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Ia menyebutkan untuk wilayah Kabupaten Tanah Datar nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menyampaikan pengaduan adalah 08126722066. (*)