Ini upaya polisi Pariaman antisipasi tindak kejahatan di objek wisata

id Andry Kurniawan

Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan (tengah). (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Kita mengantisipasi bentuk kejahatan seperti copet, penipuan dan lain sebagainya
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan pos pengamanan di objek wisata Pulau Angso Duo selama libur lebaran untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan di daerah itu.

"Total ada 20 personel polisi yang kami siagakan di objek wisata Pulau Angso Duo selama libur lebaran untuk menjamin keamanan dan ketertiban para pengunjung," kata Kapolres Kota Pariaman, AKBP Andry Kurniawan di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan Kota Pariaman telah menetapkan objek wisata Pulau Angso Duo sebagai salah satu unggulan selama libur lebaran 1439 hijriah, oleh karena itu diprediksi tingkat kunjungan wisatawan mengalami peningkatan.

Oleh sebab itu ujar dia, perlu pengamanan lebih kepada masyarakat khususnya wisatawan yang berkunjung ke pulau menggunakan kapal wisata.

"Kita mengantisipasi bentuk kejahatan seperti copet, penipuan dan lain sebagainya," katanya.

Selain menyiagakan puluhan aparat kepolisian, pihaknya juga menggunakan tiga unit kapal patroli cepat untuk memantau setiap wisatawan yang mandi di sekitar pantai kota itu.

Terkait kapal wisata ujar dia, pihak kepolisian setempat menyatakan telah melakukan pemeriksaan termasuk kelengkapan alat seperti pelampung.

"Selain alat kelengkapan kapal, Polres Pariaman juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar tidak ada lagi pungutan liar kepada wisatawan," katanya.

Terkait izin wisatawan yang berkunjung ke Pulau Angso Duo, pemerintah setempat bersama aparat kepolisian hanya memberikan izin hingga sore hari dan tidak dibenarkan menginap di pulau tersebut, katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti mengatakan pemerintah daerah telah melakukan beberapa kali rapat koordinasi bersama pihak terkait termasuk upaya menjamin keselamatan pengunjung ke Pulau Angso Duo.

"Untuk aparat keamanan pemerintah daerah melibatkan beberapa instansi seperti Polri, Satpol-PP Dinas Perhubungan dan lainnya, tujuannya memberikan kenyamanan bagi pengunjung ke Pariaman selama libur lebaran," ujar dia.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya pengunjung agar segera melapor ke pos pengamanan yang telah didirikan apabila terjadi tindakan kriminal. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar