Polres Pariaman kerahkan puluhan personel amankan kegiatan peringatan Hari Nusantara

id Andry Kurniawan,Polres Pariaman,peringatan Hari Nusantara,Hari Nusantara,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar

Polres Pariaman kerahkan puluhan personel amankan kegiatan peringatan Hari Nusantara

Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S )

Pariaman, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat mengerahkan 40 personelnya setiap hari untuk mengamankan pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Nusantara yang dipusatkan di kota tersebut.

"Dari Polres Pariaman ada sekitar 40 personel ditambah dengan anggota TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja, sehingga semua menjadi sekitar 100 personel," kata Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan personel yang akan mengamankan pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Nusantara itu akan ditingkatkan pada puncak kegiatan yakni pada 14 Desember 2019.

Direncanakan kegiatan puncak akan dihadiri Presiden Joko Widodo, sehingga pengamanan akan lebih ditingkatkan.

Apabila puncak peringatan Hari Nusantara dihadiri oleh orang nomor satu di Indonesia, lanjutnya maka untuk pengamanan pihaknya menerapkan pengamanan VIP dan VVIP sehingga berkoordinasi dengan Polda Sumbar dan pihak terkait.

Ia menyampaikan semenjak dimulainya rangkaian peringatan Hari Nusantara pada 7 Desember hingga sekarang belum ditemukan gangguan keamanan yang berarti.

"Mudah-mudahan peringatan Hari Nusantara aman, lancar dan kondusif hingga selesai kegiatan," ujarnya.

Ia mengatakan ditunjuknya Kota Pariaman sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara merupakan suatu kehormatan serta dapat mempromosikan daerah.

Menurutnya hal tersebut dapat menjadi semangat baru bagi Kota Pariaman untuk lebih berkembang.

Sebelumnya Kota Pariaman ditunjuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Nusantara Nasional yang akan diselenggarakan pada 14 Desember 2019 di Pantai Gandoriah dan akan diisi dengan kegiatan bertema kemaritiman.

"Hari ini kami melaksanakan rapat bersama pihak Kementerian Pertahanan, TNI, serta pihak lainnya untuk memastikan kesiapan sebagai tuan rumah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai melaksanakan rapat persiapan.

Ia menyampaikan banyak kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Nusantara Nasional tersebut di antaranya membersihkan pantai, kegiatan kemaritiman serta menampilkan seribu gadang tasa. (*)