UNP berencanan rekrut tenaga pendidik berstatus pegawai BLU

id UNP

Rektor UNP Prof Ganefri. (Ist)

Padang, ( Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang ( UNP) Sumatera Barat berencana akan merekrut tenaga pendidik dengan status pegawai Badan Layanan Umum (BLU).

"Jumlah tenaga pendidik kita terus berkurang karena jumlah tenaga pensiun terus bertambah dari tahun ke tahun sedangkan penerimaan tidak ada," kata Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Kamis.

Menurut dia Universitas Negeri Padang idealnya membutuhkan tenaga pendidik sebanyak 450 orang, namun jumlah yang ada saat ini hanya sekitar 300 an orang.

"Kami rencanakan akan melakukan pengangkatan pegawai BLU pada 2019 ini untuk melengkapi kebutuhan yang ada," kata dia.

Ia mengataka pegawai BLU merupakan pegawai yang digaji oleh universitas dan mendapatkan fasilitas yang sama dengan pegawai negeri yang ada di UNP.

Penerimaan ini akan membuat sistem yang telah terbangun menjadi lebih baik karena pihaknya tengah berupaya mempersiapkan sumber daya manusi untuk mencapai visi UNP menjadi universitas terkemuka di Asia Tenggara.

UNP telah bekerjasama dengan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan delapan Program studi sedang diproses untuk mendapatkan akreditasi di ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) untuk membuka kelas internasional di 15 program studi.

Program studi yang 15 itu yang telah terakreditasi A BAN PT meliputi prodi S1 Pendidikan Ekonomi (FE), Pendidikan Geografi (FIS), untuk Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) prodi yang berlebel kelas internasional adalah Kepelatihan dan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi. Sedangkan untuk Fakultas Ilmu Pendidikan kelas internasional adalah Prodi Pendidikan Konseling dan PG PAUD.

Kemudian di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Prodi kelas internasional Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia, lainnya adalah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (FPP) dan Pendidikan Teknik Elektro (FT).

Pada Fakultas Matekmatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adalah salah satu fakultas yang banyak membuka prodi kelas internasional yakni Pendidikan IPA, Pendidikan Biologi dan Kimia, Fisika serta pendidikan Matematika.*
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar