IDI Solok beri pengobatan warga Garabak Data

id Hari bakti IDI,IDI Solok,Garabak Data

IDI Solok beri pengobatan warga Garabak Data

IDI Solok memberipelayanan kesehatan kepada warga Garabak Datar. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Solok, Sumatera Barat melayani pengobatan bagi 942 warga Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, yang merupakan daerah pinggiran, dalam peringatan hari bakti dokter di wilayah tersebut.

"Pelayanan kesehatan sudah berlangsung dari 27 hingga 29 April 2018 yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) Ke-110," kata Ketua IDI Kabupaten Solok, dr.Ola Prian di Arosuka, Selasa.

Ia menjelaskan total 942 warga Garabak Data yang menerima pelayanan kesehatan, terdiri atas 542 orang menerima pelayanan pengobatan dan 400 orang diberikan penyuluhan kesehatan.

Tim Dokter terdiri atas 10 dokter Spesialis, 16 dokter umum, bersama seluruh pemegang program kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten

Menurutnya, kesehatan adalah hak semua warga. Jadi, adanya bakti sosial ini tentu akan memudahkan masyarakat terpencil mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau..

Pengabdian Masyarakat, berupa pelayanan daerah terpencil dengan pemberian pengobatan dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di Nagari Garabak Data jarang ada.

"Masyarakat tentu antusias dan terbantu dengan adanya pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis, yang sebelumnya harus keluar daerah dulu," ujarnya.

Ia berharap upaya sinergis seperti ini berlanjut dan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat.

Perjuangan dokter tim IDI Pusat, IDI Wilayah, IDI Kabupaten Solok bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten, melalui perjalanan 12-16 jam dari Arosuka, untuk memberikan manfaat bagi masyakarakat Nagari Garabak Data.

Hal ini didukung oleh Bupati Solok, Gusmal, Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin dan jajarannya. Semangat Budi Utomo selaras pembangunan di Kabupaten Solok yaitu Pembangunan Kesehatan. (*)